UMM Institutional Repository

PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI SEGI EMPAT DI MTs MUHAMMADIYAH 1 MALANG KELAS 7 DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GEOGEBRA

LAMOWA, RACHMAD ABUBAKAR (2017) PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI SEGI EMPAT DI MTs MUHAMMADIYAH 1 MALANG KELAS 7 DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GEOGEBRA. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rachmadabu-47435-1-pendahul-n.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rachmadabu-47435-2-babi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rachmadabu-47435-3-babii.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rachmadabu-47435-4-babiii.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Apliaksi GeoGebra adalah sebuah apikasi komputer berbasi matematika yang diciptkan oleh Marcus Hohonwarter. Menurutnya, aplikasi ini memiliki banyak keunggulan yang salah satunya yaitu dapat mengkonstruksi bangun 2 dimensi dan 3 dimensi secara nyata sehingga baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran metematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlangsungan penggunaan aplikasi GeoGebra, hasil belajar dan respon siswa dari penggunaan aplikasi GeoGebra dalam pembelajaran matematika pada materi segiempat. Jenis penelitian ini adala deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas MTs Muhammadiyah Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket (kuisoner). Teknik analisis yang digunakan adalah dengan memvalidasi hasil tes dengan SKM yang digunakan di kelas tersebut, rentang scale (rentang skala) untuk mengelompokkan tingkatkan respon siswa dan memvalidasi lembar observasi dengan sintaks pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran telah sesuai dengan sintaks pembelajaran. Respon siswa terhadap aplikasi GeoGebra cukup baik dengan skor 77 sedangkan hasil belajarnya, sebagian besar mengalami peningkatan namun hanya 5 siswa atau sekitar 26% yang TUNTAS. Kendala yang dialami saat proses pembelajaran adalah car guru menjelaskan materi dengan GeoGebra terkesan membosankan karena hanya menjelaskan berdasarkan apa yang telah dirancang sebelumnya dengan GeoGebra namun tidak mendemonstrasikan kepada siswa secara langsung. Terkait dengan penerapan diatas saran yang diajukan adalah melibatkan siswa secara langsung dalam perancangan menggunakan media, rancangan media dibuat sesederhana mungkin dan waktu yang digunakan untuk menjelaskan materi menggunakan GeoGebra setidaknya lebih dari 3 pertemuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords: Pembelajaran Matematika, Segiempat, GeoGebra
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 Nov 2018 06:31
Last Modified: 08 Nov 2018 06:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/39612

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo