PROFESIONALISME GURU PKN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG N0.14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN (STUDI DI SMA MUHAMMADIYAH SE-KOTA MALANG)

ASMONI, ASMONI (2007) PROFESIONALISME GURU PKN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG N0.14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN (STUDI DI SMA MUHAMMADIYAH SE-KOTA MALANG). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Profesionalisme_Guru_Pkn_Berdasarkan_Undang-Undang.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Guru sebagai pendidik dan pengajar tidak terlepas dari profesionalismenya sebagai tenaga pendidik disemua jenjang pendidikan, menduduki posisi sentral dalam uapaya pengambangan kualitas sumberdaya manusia pada umumnya dan sumberdaya pendidikan secara makro, karena dalam sistem pendidikan guru merupakan ujung tombak kegiatan pendidikan dan pengajaran dan sekaligus merupakan tenaga pelaksana utama yang setiap kali bertemu, bergaul, membimbing dan menularkan ilmu pengetahuan kepada peserta didik. Guru yang bertugas sebagai pengelola pembelajaran dituntut untuk memenuhi standar kompetensi dan profesionalismenya Rumusan masalah atau fokus penelitian ada dua hal yaitu: Bagaimana Profesionalisme guru PKn berdasarkan Undang-undang No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan Upaya Guru PKn dalam memenuhi tuntutan profesionalisme berdasarkan Undang-undang No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan mengenai Profesionalisme Guru PKn berdasarkan Undang-undang No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (2) Untuk mengetahui upaya Guru PKn dalam memenuhi tuntutan profesionalisme berdasarkan Undang-undang No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Rancangan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah rancangan jenis penelitian Deskripsit kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, obseravsi dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Muhamadiyah Se-Kota Malang yang terdiri dari tiga SMA. Dengan suber data adalah Guru PKn dan Kepala Sekolah yang masing-masing sekolah hanya ada satu Guru PKn. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik Trianggulasi, Analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data dari berbagai sumber, kemudian mengadakan reduksi data, pemeriksaan keabsahan data, penafsiran data melalui teori substantif dengan menggunakan metode tertentu. Tahap-tahap penelitian ini dimulai dari persiapan ,pelaksanaan, dan terakhir tahap pelaporan. Hasil penelitian ini adalah (1) Profesionalisme Guru PKn berdasarkan Undang-undang No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Bahwa dengan adanya Undang-undang ini khususnya guru PKn menyambut baik dan senang sekali, kemudian mengenai tuntutan bahwa guru dituntut profesionalismenya karena dalam undang-undang guru dan dosen itu mengamanatkan tentang kualifikasi akademik, kompetensi yang harus dimiliki guru, sertifikasi dan jaminan kesejahteraan. (2) Upaya guru PKN dalam memenuhi tuntutan profesionalisme berdasarkan undang-undang No.14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Ialah mempersiapkan dan melaksanakan segala sesuatunya yang diamanatkan oleh undang-undang tersebut seperti syarat kualifikasi akademik, kompetensi yang harus dimiliki, sertifikasi, dan jaminan kesejahteraan dan akan mengikuti persyaratan dan mekanisme atau prosedur yang berlaku terhadap implementasi undang-undang guru dan dosen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 03 May 2012 03:06
Last Modified: 03 May 2012 03:06
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3947

Actions (login required)

View Item View Item