ASIH, SRI (2007) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENYIMPANGAN PERILAKU SISWA DI SMP NEGERI 6 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
PENDIDIKAN_AGAMA_ISLAMDAN_PENYIMPANGAN_PERILAKU_SISWADI_SMP_NEGERI_6_MALANG.pdf Download (77kB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama mempunyai kedudukan dan peran penting dalam meningkatkan kemampuan keagamaan siswa, baik di bidang kognitif, afektif maupun psikomotorik. Kemampuan keagamaan yang telah dicapai oleh siswasiswi diharapkan mampu menjadi landasan atau pedoman untuk bertindak atau melakukan suatu perbuatan yang dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan ajaran agamanya. Sehubungan dengan uraian tersebut penulis tertarik untuk mengkaji lebih jauh tentang pendidikan agama Islam dan penyimpangan perilaku siswa di SMP Negeri 6 Malang. Sedangkan permasalahan yang diangkat adalah: 1. Apakah perilaku baik siswasiswi SMP Negeri 6 Malang itu dikarenaan adanya pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah 2. Apa saja bentukbentuk perilaku menyimpang yang terjadi pada siswasiswi SMP Negeri 6 Malang 3. Faktorfaktor apa saja yang menyebabkan siswasiswi SMP Negeri 6 Malang berbuat menyimpang 4. Seberapa besar pengaruh penyajian materi pendidikan agama Islam dalam menanggulangi penyimpangan perilaku siswasiswi SMP Negeri 6 Malang. Adapun objek penelitiannya di SMP Negeri 6 Malang dengan menggunakan pendekatan kualitatif karena berkaitan dengan data yang membutuhkan pendeskripsian serta mengacu kepada teoritis maupun empiris. Maksud dari teoritis adalah mengacu pada berbagai teori yang dikemukakan oleh para ahli pendidikan yang relevan dengan permasalahan penelitian. Sedangkan empiris mengacu pada hasil penelitian lapangan di SMP Negeri 6 Malang yang telah diteliti dengan menggunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu, observasi, interview, dokumenter dan quesioner. Sedangkan sumber data penelitian terdiri dari sumber data primer yaitu kepala sekolah, guru agama dan beberapa orang siswa yang terpilih sebagai sampel penelitian. Dan yang menjadi sumber data sekunder adalah data yang berfungsi untuk melengkapi data yang telah diperoleh dari sumber primer. Dari hasil penelitian yang dilakukan itu akhirnya dapat diketahui bahwa bentuk penyimpangan yang dilakukan oleh siswa SMP Negeri 6 Malang adalah: sering terlambat masuk kelas, tidak mengerjakan PR, melanggar tatatertib dalam hal seragam sekolah, berkata kotor dan beberapa siswa mulai berani untuk merokok. Dan penyimpangan perilaku yang terjadi di SMP Negeri 6 Malang ini masih tergolong dalam penyimpangan perilaku ringan. Cara penanggulangannya dengan menggunakan pendekatan yang dilakukan oleh guru bidang studi pendidikan agama Islam. Kalau pendekatan yang dilakukan oleh guru bidang studi agama ini belum mampu menyadarkan siswa, maka akan ditangani oleh BK dan terakhir oleh Kepala sekolah. dalam kaitannya dengan penyimpangan perilaku siswa tidak hanya disebabkan oleh dirinya sendiri, tetapi juga disebabkan oleh lingkungan sekitar. Pada bab terakhir skripsi ini ada beberapa saran yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan, khususnya bagi orang tua dan guru agar senantiasa memperhatikan tingkah laku para anak atau siswanya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208) |
Depositing User: | Zainul Afandi |
Date Deposited: | 03 May 2012 02:11 |
Last Modified: | 03 May 2012 02:11 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3910 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |