ANALISIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGINTEGRASIKAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL MATEMATIS SISWA KELAS 1 SDN SAWOJAJAR 5 MALANG

WULANDARI, HENI (2023) ANALISIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGINTEGRASIKAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL MATEMATIS SISWA KELAS 1 SDN SAWOJAJAR 5 MALANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of TESIS_HENI WULANDARI.pdf]
Preview
Text
TESIS_HENI WULANDARI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Wulandari, Heni. 2023. Analisis Model Problem Based Learning Dengan Mengintegrasikan Berpikir Komputasional Matematis Siswa Kelas 1 SDN Sawojajar 5 Malang. Tesis Program Studi Magister Pedagogi Direktorat Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang. Pembimbing 1 Dr. Budiono, M.Si., Pembimbing 2 Dr. Erna Yayuk M.Pd E-mail: heniwulandari224@gmail.com

Matematika merupakan salah satu ilmu yang memiliki peranan penting dalam membentuk pola pikir siswa, siswa dituntut memiliki kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis serta kemampuan pemecahan masalah. Guru telah berupaya meningkatkan kemampuan siswa memahami pelajaran matematika. Namun hasilnya kurang maksimal bahkan proses pembelajaran menjadi tidak menyenangkan dan membosankan. Salah satu masalah matematika yang ditemukan yaitu siswa kesulitan menyelesaikan soal cerita. Padahal soal cerita merupakan bentuk evaluasi kemampuan siswa memahami konsep dasar matematika yang telah dipelajari. Matematika berperan penting dalam pemecahan permasalahan sehari- hari sehingga dibutuhkan metode yang tepat untuk membentuk proses pembelajaran yang ideal yaitu menyenangkan dan penuh makna. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model PBL dengan mengintegrasikan berpikir komputasional mendeskripsikan kemampuan berpikir komputasional matematis siswa.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN Sawojajar 5 Malang dengan subjek penelitian siswa kelas 1 yang terdiri dari dari 28 siswa. Untuk memperoleh data dibutuhkan teknik observasi, tes, wawancara. Analisis penelitian ini menggunakan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpuan. Pengecekan keabsahan data menggunakan dua teknik yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian yaitu penerapan model PBL yang diintegrasikan dengan berpikir komputasional dapat meningkatkan kemampuan siswa terhadap pemecahan masalah khususnya soal cerita. Siswa dapat bekerja sama dalam kelompok maupun individu untuk menggali ide-ide mereka. Model PBL dapat diterapkan pada siswa dengan kemampuan berpikir komputasional rendah maupun tinggi. Berpikir komputasional jika diintegrasikan dengan model PBL membuat pelajaran matematika menjadi lebih efektif, sistematis dan menyenangkan. Kemampuan komputasional siswa dengan diintegrasikan model PBL lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional

Item Type: Thesis (Masters)
Student ID: 202210660211001
Keywords: Kata kunci: Problem Based Learning, Berpikir komputasional, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Directorate of Postgraduate Programs > Master of Pedagogy (86110)
Depositing User: 202210660211001 heniwulandari
Date Deposited: 13 Feb 2024 08:01
Last Modified: 13 Feb 2024 08:01
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3885

Actions (login required)

View Item
View Item