UMM Institutional Repository

STRATEGI PEMASARAN PADA RUMAH MAKAN JOGLO DAU (Studi Kasus Pada Rumah Makan Joglo Dau Sumbersekar, Dau-Malang)

Djumadi, Rachmat (2017) STRATEGI PEMASARAN PADA RUMAH MAKAN JOGLO DAU (Studi Kasus Pada Rumah Makan Joglo Dau Sumbersekar, Dau-Malang). Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rachmatdju-48234-1-pendahul-n.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rachmatdju-48234-2-babi.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rachmatdju-48234-3-babii.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rachmatdju-48234-4-babiii.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang sesuai untuk Rumah Makan Joglo Dau. Data dan informasi penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Alat analisis yang digunakan adalah matrik EFE (Eksternal Factor Evaluation), matrik IFE (Internal Factor Evaluation), matrik SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats), matrik IE (Internal-External) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil dari analisis faktor internal perusahaan dengan menggunakan matrik IFE kekuatan utama perusahaan adalah menu beragam, sedangkan kelemahan utama yang dimiliki Rumah Makan Joglo Dau adalah lokasi yang jauh dan kurang strategis. Hasil dari analisis matrik EFE yaitu peluang utama yang dimiliki oleh perusahaan adalah tingginya loyalitas pelanggan terhadap produk makanan. Ancaman utama dari perusahaan adalah makin banyaknya rumah makan dengan menu sejenis dan naiknya bahan baku serta tingginya pajak rumah makan. Hasil dari penilaian matrik IE menunjukkan posisi Rumah Makan Joglo Dau pada sel V. Pada posisi ini strategi yang tepat untuk digunakan adalah menjaga dan mempertahankan. Strategi yang dapat diterapkan oleh Rumah Makan Joglo Dau adalah strategi diversifikasi horizontal. Berdasarkan hasil analisis matrik QSPM, terdapat sepuluh alternatif strategi, kemudian alternatif strategi terpilih merupakan alternatif strategi yang mempunyai skor TAS paling tinggi yaitu, melakukan inovasi dalam menu. Strategi yang terpilih kemudian direkomendasikan untuk dilakukan oleh pihak manajemen dalam jangka waktu 5 tahun ke depan yaitu melakukan inovasi dalam menu yang berbeda dari menu utama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201210160311188
Keywords: IFE, EFE, IE, SWOT, QSPM, Strategi Diversifikasi Horizontal
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (61201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 18 Oct 2018 02:29
Last Modified: 18 Oct 2018 02:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/38035

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo