UMM Institutional Repository

PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS INFORMASI YANG MENYESATKAN TERHADAP PENJUALAN BARANG KELONTONG (Studi Kasus di Indomaret Kota Malang)

KHOERUNNISA, GISTA AMALIA (2017) PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS INFORMASI YANG MENYESATKAN TERHADAP PENJUALAN BARANG KELONTONG (Studi Kasus di Indomaret Kota Malang). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gistaamali-50266-1-pendahul-n.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gistaamali-50266-2-babi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gistaamali-50266-3-babii.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gistaamali-50266-4-babiii.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan utama dari Informasi Harga Produk agar adanya transparansi harga sehingga tidak menyesatkan konsumen dan dapat memberikan perlindungan hukum bagi konsumen. Dalam hal ini yang menjadi permasalahan adalah Bagaimana penerapan Pasal 10 huruf a Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen mengenai informasi harga yang tidak benar atas barang yang dijual dengan info yang menyesatkan di Indomaret Kota Malang dan upaya konkret yang dapat ditempuh konsumen jika dirugikan. Penulis menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data primer diperoleh dari lapangan dan sumber data sekunder diperoleh dari perundang-undangan dan studi dokumentasi serta teknik pengumpulaan datanya berupa wawancara. Kemudian data penelitian tersebut dianalisa secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Atas Informasi Harga Produk di Indomaret Kecamatan Lowokwaru belum efektif, penulis mengambil sampel secara acak di 9 (sembilan) titik lokasi di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang setidaknya telah terkumpul 78 (tujuh puluh delapan) bukti otentik dengan variasi produk yang beragam jumlahnya dimasing-masing toko Indomaret. Indomaret yang terbukti melanggar ketentuan sebagaimana diatur dalam Pasal 10 huruf a UUPK dapat dikenakan sanksi pidana penjara berdasarkan ketentuan Pasal 62 ayat (1) UUPK dan dipengaruhi juga atas kesadaran serta pengetahuan hukum konsumen yang memang tidak mengetahui hak-haknya dan upaya apa yang bisa ditempuh untuk memperjuangkan hak tersebut ketika dilanggar. Sedangkan untuk Upaya Yang Ditempuh Konsumen Ketika Dirugikan adalah dengan melaporkan pelanggaran tersebut melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Malang. Sebagai alternatif lain, konsumen juga bisa mengajukan aduan melalui Yayasan Lembaga Konsumen (YLK) Malang guna mendapatkan pendampingan.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Additional Information: 201310110311039
Uncontrolled Keywords: Informasi Harga, Perlindungan Konsumen, Produk, Pasar Modern.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:44
Last Modified: 15 Oct 2018 02:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37909

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo