UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI VERTEBRATA UNTUK SISWA SMP KELAS VII

FAUZIAH, ERVITA LAILATUL (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI VERTEBRATA UNTUK SISWA SMP KELAS VII. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ervitalail-52688-1-pendahuluan.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ervitalail-52688-2-bab1.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ervitalail-52688-3-bab2.pdf

Download (922kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ervitalail-52688-4-bab3.pdf

Download (900kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPA dikembangkan sebagai mata pelajaran integrative science, jadi dalam pelaksanaanya guru harus kreatif dan aplikatif dalam mengelola pembelajaran di kelas. Materi vertebrata merupakan salah satu materi yang bersifat abstrak, yang dalam proses pembelajarannya membutuhkan media pembelajaran yang dapat membuat konsep yang bersifat abstrak tersebut menjadi lebih konkrit. Penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dapat menyajikan informasi yang dapat dilihat, didengar, dan dilakukan, sehingga multimedia interaktif sangat efektif untuk menjadi alat (tool) yang lengkap dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Tujuan dari penelitian adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif materi vertebrata untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMP kelas VII. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan menurut langkah-langkah Borg & Gall (1983) dilaksanakan sampai lima tahapan, yaitu: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan, dan merevisi hasil uji coba. Uji coba lapangan awal/terbatas ini dilakukan pada 25 siswa di kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Malang dari jumlah populasi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Malang. Uji keefektivan terhadap penguasaan konsep siswa mampu meningkatkan rata-rata nilai posttest terhadap rata-rata nilai pretest (dari rata-rata 53,2 menjadi 90,4). Hasil uji kepraktisan menujukkan tingkat kepraktisan sebesar 83,8% dari respon siswa dan 82% dari respon guru. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif materi vertebrata memperoleh pencapaian validitas media sebesar 88% dengan kualifikasi tinggi yang sebelumnya sebesar 67% dengan kualifikasi cukup tinggi dan validasi materi sebesar 91% dengan kualifikasi sangat tinggi. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa media pembelajran berbasis multimedia interaktif materi vertebrata layak, praktis, dan efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201310070311003
Keywords: Pengembangan media pembelajaran, berbasis multimedia interaktif, materi vertebrata
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Sulistyaningsih Sulistyaningsih
Date Deposited: 13 Oct 2018 02:56
Last Modified: 13 Oct 2018 02:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37902

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo