UMM Institutional Repository

PENINGKATKAN KOMUNIKASI DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI DALAM KELAS MELALUI METODE MENGAJAR TUTOR SEBAYA (PEER TEACHING METHOD) BIDANG STUDI BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII B SMP RADEN FATAH BATU

Syarofin, Yulfi Mawarida (2018) PENINGKATKAN KOMUNIKASI DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI DALAM KELAS MELALUI METODE MENGAJAR TUTOR SEBAYA (PEER TEACHING METHOD) BIDANG STUDI BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII B SMP RADEN FATAH BATU. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yulfimawar-52683-1-pendahuluan.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yulfimawar-52683-2-bab1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yulfimawar-52683-3-bab2.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yulfimawar-52683-4-bab3.pdf

Download (536kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) adalah suatu strategi pembelajaran yang kooperatif dimana rasa saling menghargai dan mengerti dibina di antara peserta didik yang bekerja bersama. Metode ini dapat membantu dan melatih siswa untuk menghargai pendapat orang lain, bekerja sama dan membiasakan siswa berhadapan dengan berbagai pemikiran. Metode pembelajaran tutor sebaya ini, penting diteliti untuk mengetahui adanya peningkatan komunikasi dan kepercayaan diri pada siswa. Penelitian ini berujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode belajar tutor sebaya (peer teaching method) serta peningkatan komunikasi dan kepercayaan diri pada siswa. Pengumpulan data dilakukakn dengan observasi, mendata dan memotret proses pembelajaran didalam kelas. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 19 dan 26 September 2017 di SMP Raden Fatah Batu. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan keadaan siswa yang belum terpengaruh dengan metode ini sehingga komunikasi dan kepercayaan diri belum terlihat pada keseluruhan siswa, dimana beberapa siswa masih canggung saat presentasi dan belum menunjukkan tingkat komunikasi yang maksimal. Pada siklus II siswa terlihat tenang dan percaya diri saat presentasi serta berinteraksi dengan baik dalam kelompok sehingga terbentuklah komunikasi antar siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian digunakan untuk bahan acuan metode mengajar guru dikelas.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201310070311169
Keywords: metode mengajar tutor sebaya (peer teaching method)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Sulistyaningsih Sulistyaningsih
Date Deposited: 13 Oct 2018 02:52
Last Modified: 13 Oct 2018 02:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37901

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo