UMM Institutional Repository

PENGARUH BERBAGAI KONSENTRASI EKSTRAK DAUN PETAI CINA (Leucena leucocephala) TERHADAP DIAMETER ZONA HAMBAT PERTUMBUHAN BAKTERI Shigella dysentriae (DIMANFAATKAN SEBAGAI SUMBER AJAR BIOLOGI)

WAHYUNI, BILLY DWI (2018) PENGARUH BERBAGAI KONSENTRASI EKSTRAK DAUN PETAI CINA (Leucena leucocephala) TERHADAP DIAMETER ZONA HAMBAT PERTUMBUHAN BAKTERI Shigella dysentriae (DIMANFAATKAN SEBAGAI SUMBER AJAR BIOLOGI). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-billydwiwa-52158-1-pendahul-n.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-billydwiwa-52158-2-2.babi.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-billydwiwa-52158-3-3.babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-billydwiwa-52158-4-4.babi-i.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Disentri basiler atau Shigellosis merupakan suatu penyakit yang di sebabkan oleh bakteri Shigella dysentriae dan menginfeksi pada usus besar. Hal ini terjadi karena makanan dan sumber air yang terkontaminasi.Oleh karena itu perlu mengembangkan alternatif dengan menggunakan bahan alami yang berasal dari alam salah satu tumbuhan yang digunakan sebagai obat tradisional atau herbal adalah daun petai cina. Daun petai cina memiliki senyawa aktif antibakteri yang mengandung alkaloid, flavonoid, tanin dan lupeol yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh berbagai konsentrasi ekstrak daun petai cina (Leucena Leucocephala) terhadap diameter zona hambat bakteri Shigella dysentriae. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Universitas Muhammadiyah malang. Dalam penelitian ini menggunakan empat kali pengulangan dan enam perlakuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui zat antibakteri dari ekstrak daun petai cina terhadap diameter zona hambat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimental post only control grup design dengan metode ekstrak dengan dilusi dan pada perlakuan mennggunakan metode difusi. Sampel dalam penetian ini adalah Shigella dysentriae yang diperoleh dari Laboratorium mikrobiologi Universitas Negeri Malang. Konsentrasi ekstrak yang digunakan yaitu 25%, 50% 75% dan 100%. Data rerata zona hambat di uji menggunakan uji normalitas, uji homogennitas, uji analisis satu varian, dan dilanjutkan uji Duncan’s. Berdasarkan hasil penelitian pengaruh berbagai konsentrasi ekstrak daun petai cina terhadap diameter zona hambat bakteri Shigella dysentriae diperoleh hasil bahwa berbagai konsentrasi ekstrak daun petai cina mempengaruhi perbedaan zona hambat bakteri Shigella dysentriae. Data rata-rata zona hambat pada perlakuan ekstrak daun petai cina sebesar 9,81 mm. Data rata-rata zona hambat pada perlakuan berbagai konsentrasi ekstrak daun petai cina pada perlakuan berbagai konsentrasi ekstrak daun petai cina yang paling luas diameter zona hambatnya pada konsentrasi 100% sebesar 12,49 mm.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201310070311082
Keywords: Shigella dysentriae, Daun petai cina (Leucena leucocephala), Diameter zona hambat
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Sulistyaningsih Sulistyaningsih
Date Deposited: 12 Oct 2018 03:35
Last Modified: 12 Oct 2018 03:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37887

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo