UMM Institutional Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OIDDE TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 MALANG

AFIFAH, NUR (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OIDDE TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 MALANG. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurafifah2-52143-1-pendahul-n.pdf

Download (964kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurafifah2-52143-2-babi.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurafifah2-52143-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurafifah2-52143-4-babiii.pdf

Download (579kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran OIDDE adalah model pembelajaran akronim dari orientation, indentify, discussion, decision, and angage in behavior, yang sekaligus menjadi sintaks (langkah-langkah pembelajarannya). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran OIDDE terhadap peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Malang. Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Malang. Jenis penelitian adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian menggunakan one group pretest postest. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pengambilan sampel hanya satu kelas yang terdiri dari siswa-siswi SMP Muhammadiyah 1 Malang dengan kelas VIIIB yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran OIDDE. Analisis penelitian yang digunakan adalah paired sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran OIDDE berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar dengan persentase rata-rata nilai respon awal sebesar 55,26% dan respon akhir sebesar 63,1. Sedangkan untuk hasil belajar dengan rata-rata nilai pre-test 57,63 dan post-test 70,45. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran OIDDE terhadap peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Malang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201310070311091
Keywords: Model Pembelajaran OIDDE, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Sulistyaningsih Sulistyaningsih
Date Deposited: 12 Oct 2018 03:20
Last Modified: 12 Oct 2018 03:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37882

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo