UMM Institutional Repository

TINDAKAN PERSEKUSI OLEH SEKELOMPOK ORANG DITINJAU DARI HUKUM PIDANA

ROZI, SOFYAN FATHOR (2018) TINDAKAN PERSEKUSI OLEH SEKELOMPOK ORANG DITINJAU DARI HUKUM PIDANA. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sofyanfath-50673-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sofyanfath-50673-2-babi.pdf

Download (843kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sofyanfath-50673-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sofyanfath-50673-4-babiii.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tindakan persekusi merupakan fenomena perburuan sewenang-wenang oleh sekelompok orang terhadap seseorang atau sejumlah warga yang diduga melakukaan tindak pidana dan diintimidasi hingga melakukan kekerasan yang mulai marak ditemui di masyarakat Indonesia. Hal sseperti ini berpotensi menyebabkan perbuatan sewenang-wenang dan pelanggaran oleh sekelompok orang yang melakukan tindakan persekusi. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah persekusi sebagai fenomena sosial yang belum jelas aturan hukumnya oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti ingin meneliti tentang tindakan persekusi apakah merupakan suatu kejahatan yang dapat di hukum menurut hukum pidana, kedua bagaimana penegakan hukum terhadap tindakan persekusi di Indonesia, ketiga bagaimana prospek pengaturan tindakan persekusi dalam hukum pidana indonesia di masa yang akan mendatang. Maksud dari tujuan penelitian ini untuk mengetahui peraturan tindakan persekusi dengan sistem hukum di Indonesia di lihat dari peraturan perundang-undangan hukum pidana. Jenis penelitian ini menggunakan yuridis normatif dengan menggunakan sumber data berupa bahan-bahan hukum kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa sampai saat ini Indonesia belum memiliki Undang-undang yang mengatur tindakan persekusi. Yang mengaturnya yaitu hukum pidana Indonesia atau hukum positif dimana tindakan persekusi merupakan suatu perbuatan yang masuk ke dalam lebih dari satu aturan pidana. Penegakan hukumnya dilakukan dengan cara dikenakan pidana pokok yang terberat. Sedangkan unsur-unsur tindakan persekusi di lihat dari perbuatannya harus mengandung sifat melawan hukum. Disarankan agar aparat penegak hukum sebaiknya mempunyai strategi khusus dalam menangani kasus tindakan persekusi, dan aparat hukum sebaiknya dapat meningkatkan kinerjanya dalam penegakan hukum dengan menjalin kemitraan dengan masyarakat secara langsung dan menjadi contoh atau teladan bagi masyarakat untuk persoalan ketaatan terhadap hukum, serta menindak tegas oknum-oknum atau kelompok yang terlibat dalam melakukan kejahatan tindakan persekusi dengan cara seperti itu maka selain memberikan jaminan rasa aman akan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap penegak hukum.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201310110311082
Keywords: Tindakan Persekusi, Hukum Pidana.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Oct 2018 03:18
Last Modified: 11 Oct 2018 03:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37865

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo