UMM Institutional Repository

EFEKTIFITAS BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA MALANG SEBAGAI LEMBAGA SMALL CLAIM COURT DALAM MENYELESAIKAN PERSELISIHAN KONSUMEN

Hernanda, Adam Yuliansyah (2018) EFEKTIFITAS BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA MALANG SEBAGAI LEMBAGA SMALL CLAIM COURT DALAM MENYELESAIKAN PERSELISIHAN KONSUMEN. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adamyulian-50725-1-pendahul-..pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adamyulian-50725-2-babi.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adamyulian-50725-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adamyulian-50725-4-babiii.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Malang adalah sebagai lembaga Negara independen yang memiliki wewenang menyelesaikan sengketa konsumen melalui jalur litigasi. Adapun metode penyelesaian sengketa konsumen di BPSK dilakukan dengan cara melalui konsiliasi, mediasi atau arbitrase. Sampai saat ini kelemahan BPSK adalah terkait dengan lemahnya kekuatan eksekutorial atas putusan BPSK. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi efektifitas BPSK Kota Malang dalam menyelesaikan sengketa konsumen serta faktor apa saja yang menjadi pendukung dan kendala bagi BPSK Kota Malang dalam menyelesaikan sengketa konsumen di Kota Malang. Adapun metode penulisan adalah menggunakan tipe penelitian yuridis sosiologis (sosiological legal research), dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi dokumentasi, dan studi kepustakaan Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPSK Kota Malang efektif dalam menyelesaikan sengketa di Kota Malang, hal ini bisa dilihat dari tiga indikator, yaitu berdasarkan prosedur penyelesaian sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan, mulai dari pengaduan hingga putusan hampir semua diselesaikan dengan waktu paling lama 21 (dua puluh satu) hari. Berdasarkan perkara yang masuk selama lima tahun terakhir (2013 - Per Juli 2017) dengan jumlah 130 perkara, 90% (117 perkara) dapat diselesaikan oleh BPSK Kota Malang. Selain itu semua putusan BPSK semuanya dilaksanakan oleh para pihak.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Additional Information: 201210110311214
Uncontrolled Keywords: BPSK, Efektifitas, Sengketa Konsumen.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Oct 2018 03:14
Last Modified: 11 Oct 2018 03:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37864

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo