UMM Institutional Repository

TANGGUNG JAWAB BPJS KESEHATAN TERHADAP KLAIM PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT PADA PASIEN YANG MENUNGGAK PEMBAYARAN BPJS KESEHATAN DENGAN SISTEM 1 VIRTUAL ACCOUNT (Studi di Kantor BPJS Kesehatan Kota Malang dan Rumah Sakit Prasetya Husada)

MAHARANI, ARSYLIANANDA NOVIA (2018) TANGGUNG JAWAB BPJS KESEHATAN TERHADAP KLAIM PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT PADA PASIEN YANG MENUNGGAK PEMBAYARAN BPJS KESEHATAN DENGAN SISTEM 1 VIRTUAL ACCOUNT (Studi di Kantor BPJS Kesehatan Kota Malang dan Rumah Sakit Prasetya Husada). Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arsylianan-51313-1-pendahul-n.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arsylianan-51313-2-babi.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arsylianan-51313-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arsylianan-51313-4-babiii.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan sistem pembayaran BPJS Kesehatan 1 Virtual Account yang mengharuskan seluruh anggota keluarga dalam 1 Kartu Keluarga harus terdaftar untuk jadi peserta aktif sudah sesuai dan apa dampak yang ditimbulkan di masyarakat, serta tanggung jawab BPJS Kesehatan bagi yang berdampak terjadinya penunggakan. Permasalahan yang dibahas adalah tentang 1) Bagaimanakah dampak dari sistem pembayaran iuran 1 Virtual Account terhadap pasien pengguna BPJS Kesehatan di Kota Malang; 2) Bagaimanakah tanggung jawab BPJS Kesehatan Kota Malang terhadap klaim perawatan kesehatan di Rumah Sakit Prasetya Husada pada pasien yang memiliki tunggakan pembayaran iuran BPJS Kesehatan dengan sistem 1 Virtual Account. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode empiris yaitu melihat hukum dalam artian nyata dan bekerjanya hukum di lingkungan masyarakat. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini berupa 1) Bagi masyarakat golongan menengah kebawah yang keberatan untuk melakukan pelunasan terhadap iuran seluruh anggota keluarga dalam 1 Kartu Keluatga dan melakukan tunggakan bayar maka status kepesertaan untuk seluruh anggota keluarga tersebut akan dinonaktifkan sementara dan tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan menggunakan BPJS Kesehatan sampai seluruh tagihan pembayaran dilunasi; 2) Solusi yang dimiliki BPJS Kesehatan yaitu dengan melakukan penyesuaian kelas BPJS sesuai dengan kemampuan bayar peserta dan masyarakat yang tergolong fakir miskin untuk mendafatar menjadi peserta BPJS Kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang dibayarkan oleh pemerintah. BPJS Kesehatan akan memberikan pemberitahuan kepada peserta penunggak pembayaan dan memberi arahan untuk mengatasi permasalahan peserta yang menunggak agar kembali menjadi peserta aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201310110311149
Keywords: Tanggung jawab BPJS Kesehatan, Sistem 1 Virtual Account
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 10 Oct 2018 06:08
Last Modified: 10 Oct 2018 06:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37850

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo