UMM Institutional Repository

ANALISIS YURIDIS SOSIOLOGIS PROSEDUR PENYELAMATAN KREDIT BERMASALAH BANK DANAMON BERDASARKAN PERATURAN BANK INDONESIA NOMOR 14/15/PBI/2012 TENTANG PENILAIAN KUALITAS ASET BANK UMUM (Studi Pada Kasus Konflik Bank Danamon Tanjung Balai Karimun Provinsi Kepualauan Riau Dengan Nasabah Bank Danamon)

ARDHIANTO, VIVI NURFIL (2017) ANALISIS YURIDIS SOSIOLOGIS PROSEDUR PENYELAMATAN KREDIT BERMASALAH BANK DANAMON BERDASARKAN PERATURAN BANK INDONESIA NOMOR 14/15/PBI/2012 TENTANG PENILAIAN KUALITAS ASET BANK UMUM (Studi Pada Kasus Konflik Bank Danamon Tanjung Balai Karimun Provinsi Kepualauan Riau Dengan Nasabah Bank Danamon). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-vivinurfil-48575-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-vivinurfil-48575-2-babi.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-vivinurfil-48575-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-vivinurfil-48575-4-babiii.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kasus mengenai penanganan kredit bermasalah di Bank Danamon sering mengalami permasalahan terutama dalam hal pelelangan. Kejadian tersebut dikarenakan bahwa Bank Danamon sering melakukan tindakan pelelangan tanpa pemberitahuan oleh nasabah serta tidak melakukan proses penyelamatan kredit bermasalah terlebih dahulu terhadap nasabah yang mengalami kredit bermasalah. Penelitian ini mengambil rumusan masalah Bagaimana prosedur penyelamatan kredit bermasalah yang dilakukan oleh PT.Bank Danamon dikaitkan dengan Peraturan Bank Indonesia Nomor 14/15/PBI/2012 Tentang Penilaian Kualitas Aset Bank Umum dan Apa faktor yang mendasari PT.Bank Danamon melakukan pelelangan terhadap jaminan nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Yuridis Sosiologis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut ada beberapa peraturan dari Bank Danamon yang tidak mengikuti prosedur dari BI serta terjadi ketidaksesuain dengan peraturan yang dikeluarkan oleh Bank Danamon pusat dengan tindakan yang dilakukan oleh Bank Danamon Tanjung Balai Karimun. Proses penyelamatan kredit bermasalah yang dilakukan oleh bank adalah dengan mengeluarkan surat penggilan yang berisi mengenai pelunasan pembayaran, Bank Danamon tidak melakukan restrukturisasi sebelum nasabah sendiri yang membuat permohonan untuk dapat restrukturisasi. Mengenai pelelangan Bank Danmon kurang melengkapi salah satu persyaratan untuk melakukan lelng yaitu tidak adanya surat pemberitahuan lelang kepada debitur sehingga pelelangan yang dilakukan oleh bank danamon kurang sempurna. Kesimpulannya bahwa Bank Danamon Tanjung Balai Karimun kurang menerapkan peraturan yang telah dikeluarkan oleh Bank Danamon Pusat. Saran, Bank Danamon Tanjung Balai Karimun dapat memperbaiki kinerja bank dan melakukan perbuatan sesuai dengan perturan yang telah dikeluarkan.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Additional Information: 201310110311108
Uncontrolled Keywords: Kredit Bermasalah, Lelang , Nasabah
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 09 Oct 2018 06:14
Last Modified: 09 Oct 2018 06:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37816

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo