UMM Institutional Repository

TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA JASA LAUNDRY ATAS KERUGIAN KONSUMEN DI TINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi pada Pelaku Usaha Jasa Laundrydi Jalan Tirto Utomo Landung Sari Kota Malang)

ROSIDAH, MIKI (2017) TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA JASA LAUNDRY ATAS KERUGIAN KONSUMEN DI TINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi pada Pelaku Usaha Jasa Laundrydi Jalan Tirto Utomo Landung Sari Kota Malang). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mikirosida-49002-1-pandahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mikirosida-49002-2-babi.pdf

Download (972kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mikirosida-49002-3-babii.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mikirosida-49002-4-babiii.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyaknya kebutuhan konsumen mendorong para pelaku usaha untuk membuka suatu usaha yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen baik itu berupa barang dan jasa. Saat ini banyak berkembang usaha kecil dan usaha menengah, salah satu usaha tersebut adalah jasa cuci pakaian atau lebih dikenal dengan istilah laundry. Dalam menjalankan usahanya Pelaku usaha jasa laundry masih merugikan konsumen pengguna Jasa Laundry. Penelitian ini mengambil rumusan masalah bentuk kerugian apa saja yang dialami konsumen pengguna jasa laundry di Jalan Tirto Utomo Landung Sari, bagaimana bentuk tanggung jawab Pelaku Usaha Jasa Laundry atas kerugian Konsumen pengguna jasa laundry, dan Faktor-faktor Pendukung dan penghambat pelaku usaha dalam melaksanakan tanggung jawabnya terhadap konsumen. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Yuridis Sosiologis, sumber data primer diperoleh dari lapangan dan sumber data sekunder dari dokumentasi dan peraturan perundang-undangan dan teknik pengumpulan datanya berupa wawancara dengan responden/sampel yaitu Pelaku usaha jasa laundry yang melakukan wanprestasi dan konsumen pengguna jasa laundry yang mengalami kerugian, observasi langsung ke lokasi penelitian di Jalan Tirto Utomo Landung Sari Kota Malang sebagai tempat pengambilan data primer. kemudian data dianalisa secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan dari hasil penelitian dari 5 orang konsumen pengguna jasa laundry yang telah mengalami kerugian, diperoleh data-data yaitu bentuk kerugian berupa hilangnya pakaian, kelunturan, rusak dan sobeknya pakaian,barang rusak akibat strika hingga hangus, keterlambatan penyelesaian Laundry. Kesimpulan, pelaku usaha telah memberikan ganti rugi dan beberapa perusahaan laundry tidak memberikan ganti rugi. Saran perlunya kesadaran dari Pelaku Usaha Jasa Laundry untuk ikut berperan dan ikut serta dalam menegakan Perlindungan Konsumen.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Additional Information: 201110110311164
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab, Pelaku Usaha, Konsumen, Laundry
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 Oct 2018 06:54
Last Modified: 08 Oct 2018 06:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37783

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo