UMM Institutional Repository

AGEN CERDAS UNTUK 3D GAME LABIRIN MENGGUNAKAN ALGORITMA A* DAN DIJKSTRA

PUTRA, HARIS KHOIRUDDIN SUKASNO (2018) AGEN CERDAS UNTUK 3D GAME LABIRIN MENGGUNAKAN ALGORITMA A* DAN DIJKSTRA. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hariskhoir-50732-1-pendahul-n.pdf

Download (923kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hariskhoir-50732-2-babi.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hariskhoir-50732-3-babii.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hariskhoir-50732-4-babiii.pdf

Download (442kB) | Preview

Abstract

Game dalam arti Bahasa Indonesia adalah permainan merupakan kegiatan yang kompleks yang didalamnya terdapat peraturan, permainan dan budaya. Game yang menggunakan media elektronik merupakan sebuah hiburan berbentuk multimedia yang dibuat menarik agar pemain mendapat kepuasan batin. Seiring perkembangan dunia game dan teknologi grafis, berkembanglah model-model game mulai dari game 2 dimensi(2D), game 3 dimensi(3D) hingga game yang menggunakan teknologi Augmented Reality atau Virtual Reality. Salah satu game yang menarik adalah Labirin. Labirin merupakan jaringan jalan yang rumit dan berliku-liku, tujuan dari permainan ini adalah menemukan jalan keluar dari pintu masuk menuju pintu keluar. Untuk menemukan jalan keluar dari labirin dibutuhkan metode sehingga pemain dapat keluar secepat mungkin dan tidak terjebak dalam labirin. Ada beberapa metode untuk mencari jalur terpendek, diantaranya adalah algoritma A* atau populer dengan sebutan AStar dan algoritma Dijkstra. Algoritma AStar dalam mencari jalur terpendek memperhitungkan suatu nilai. Dalam hal ini algoritma AStar memberikan nilai pada node-node diantara titik awal dan titik akhir. Algoritma AStar akan mengevaluasi node yang memiliki nilai terkecil sehingga penentuan jalurnya akan lebih efesien. Algoritma Dijkstra dalam mencari jalur terpendek cenderung untuk mengevaluasi setiap node yang ada sehingga algoritma Dijkstra tahu setiap kemungkinan jalur yang ada.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Additional Information: 201010370311446
Uncontrolled Keywords: Game, Labirin, AStar, Dijkstra
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 01 Oct 2018 06:28
Last Modified: 01 Oct 2018 06:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37640

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo