UMM Institutional Repository

RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN FAHMIL-QURAN BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PERSIAPAN KEIKUTSERTAAN MUSABAQAH TILAWATIL QUR'AN (MTQ)

Sadchalis, Rahmat (2017) RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN FAHMIL-QURAN BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PERSIAPAN KEIKUTSERTAAN MUSABAQAH TILAWATIL QUR'AN (MTQ). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rahmatsadc-47861-1-pendahul-n.pdf

Download (834kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rahmatsadc-47861-2-babi.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rahmatsadc-47861-3-babii.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rahmatsadc-47861-7-babiii.pdf

Download (774kB) | Preview

Abstract

Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) adalah sebuah kegiatan keagamaan di bawah kendali Kementrian Agama Republik Indonesia yang dilaksanakan dalam waktu 2 tahun sekali. Banyak cabang lomba yang diikutkan dalam kegiatan ini, termasuk cabang lomba Fahmil Qur'an. Fahmil Qur'an adalah lomba yang menekankan kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal. Sistem lomba dari Fahmil Qur'an itu sendiri tidak jauh berbeda dengan cerdas cermat, namun Fahmil Qur'an lebih mengarah dalam pemahaman alQur'an, baik itu isi kandungan ataupun hal-hal yang menjelaskan tentang hukum yang bersumber dari alQur'an. Kegiatan Fahmil Qur'an mendidik para peserta untuk dapat mempelajari soal-soal yang sudah pernah dikeluarkan atau dilombakan pada event-event sebelumnya. Dalam proses persiapannya, peserta fahmil quran seringkali terlihat menjinjing tiga sampai lima buku soal yang memang tidak tercetak secara baik, sehingga membuat para peserta kewalahan dalam mempersiapkan diri, ditambah lagi dengan buku soal yang dibawa tersebut adalah hasil dari foto kopian yang memang diperbanyak sendiri oleh peserta. Maka dari itu, dibuatlah sebuah sistem aplikasi pembelajaran yang mendukung para peserta untuk mendigitalkan buku-buku soal yang selama ini masih manual. Sistem aplikasi ini dibangun menggunakan sistem aplikasi android yang saat ini sangat digemari pengguna mobile phone. Pemilihan sistem android berdasarkan pada tingkat pengguna mobile phone dari para peserta Fahmil Quran. Dengan adanya sistem aplikasi ini, para peserta dengan mudah dapat belajar serta melakukan latihan pada fitur-fitur yang disediakan aplikasi ini di manapun dan kapanpun. Hal ini membuat proses pembelajaran menjadi lebih efektif, efisien dan menghemat waktu.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201010370311120
Keywords: Android, Fahmil Qur'an, MTQ
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 27 Sep 2018 02:35
Last Modified: 27 Sep 2018 02:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37599

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo