UMM Institutional Repository

PERENCANAAN PERAWATAN MESIN HEAVY DUTY HAMMER SHREDDER DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE II (Studi Kasus: PG Kebon Agung Malang)

Sucahyo, Hilda Ekky (2018) PERENCANAAN PERAWATAN MESIN HEAVY DUTY HAMMER SHREDDER DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE II (Studi Kasus: PG Kebon Agung Malang). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hildaekkys-50680-1-pendahul-n.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hildaekkys-50680-2-babi.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hildaekkys-50680-3-babii.pdf

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hildaekkys-50680-4-babiii.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

PG Kebon Agung merupakan salah satu produsen penghasil gula yang berlokasi di Kabupaten Malang. Dalam menghasilkan produk gula PG Kebon Agung menggunakan sistem produksi continuous production. Selama musim giling PG Kebon Agung menggunakan sistem perawatan yang bersifat preventive maintenance dan corrective maintenance. Sedangkan pada saat musim giling selesai menggunakan sistem perawatan yang bersifat overhaul. Namun pada kenyataannya pabrik masih mengalami downtime pada saat mesin beroperasi khususnya pada stasiun giling. Dampak yang terjadi akibat tingginya tingkat downtime mengakibatkan kerugian pada perusahaan karena tidak tercapainya target produksi, kehilangan waktu proses produksi dan biaya perbaikan yang lebih tinggi. Metode yang diterapkan pada penelitian ini adalah Reliability Centered Maintenance (RCM) II. Penelitian ini difokuskan pada mesin HDS (Heavy Duty Hammer Shredder) karena memiliki downtime tertinggi. Dari hasil penelitian, didapatkan komponen bearing tergolong tindakan perawatan scheduled on-condition task, sedangkan komponen hammer dan hammer tip tergolong tindakan perawatan scheduled discard task, dengan interval 31 hari. Berdasarkan perencanaan perawatan dengan RCM II didapatkan potensi penurunan rata-rata downtime sebesar 21.47%, dan mampu menghemat biaya sebesar Rp. 17.888.299.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201310140311070
Keywords: Perawatan, Reliability Centered Maintenance (RCM) II, downtime
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering (26201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 24 Sep 2018 07:09
Last Modified: 24 Sep 2018 07:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37569

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo