UMM Institutional Repository

ANALISIS KETERAMPILAN BERTANYA GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 MALANG

AFIANTI, EVI ARISKA (2018) ANALISIS KETERAMPILAN BERTANYA GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 MALANG. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-eviariskaa-51284-1-pendahul-n.pdf

Download (961kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-eviariskaa-51284-2-babi.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-eviariskaa-51284-3-babii.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-eviariskaa-51284-4-babiii.pdf

Download (593kB) | Preview

Abstract

Alasan keterampilan bertanya sangat perlu dimiliki oleh para guru dan calon guru yaitu telah berakarnya mengajar menggunakan metode ceramah yang menempatkan guru sebagai sumber informasi sedangkan siswa sebagai penerima informasi yang pasif. Kurangnya minat siswa untuk bertanya biasanya karena mereka malu dan takut kalau pertanyaannya salah, walaupun mereka mungkin mempunyai pertanyaan yang sangat penting. Oleh karena penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keterampilan bertanya yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar, serta keanekaragaman pertanyaan dalam interaksi belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini yaitu guru bahasa Indonesia kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Malang. Data penelitian ini berupa tuturan guru saat mengajar pembelajaran bahasa Indonesia. Data tersebut diperoleh dengan teknik observasi dan wawancara. Kegiatan analisis dimulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa terdapat keterampilan bertanya dasar berupa pertanyaan guru yang disampaikan kepada siswa berdasarkan materi yang dipelajari. Keterampilan bertanya yang digunakan yaitu guru sudah memberikan pertanyaan secara jelas, memberi tuntunan, memberikan waktu berfikir, melakukan interaksi dengan peserta didik, keterampilan pidah gilir, dan keterampilan pemberian acuan. Adapun Jenis pertanyaan yang digunakan yaitu terdapat jenis pertanyaan permintaan, pertanyaan mengarah menuntun, dan pertanyaan pemahaman, pertanyaan pengetahuan, pertanyaan retorik, pertanyaan menggali, dan pertanyaan penerapan. Selain itu pada kegiatan akhir juga terdapat jenis pertanyaan permintaan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa keterampilan bertanya guru bahasa Indonesia kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Malang, merupakan cara untuk memudahkan siswa dalam proses belajar mengajar. Siswa lebih aktif dan kreatif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh seorang guru.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201310080311093
Keywords: keterampilan bertanya dan jenis pertanyaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 21 Sep 2018 02:33
Last Modified: 21 Sep 2018 02:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37545

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo