UMM Institutional Repository

Analisis Nilai Pendidikan dalam Budaya Kapatu pada Masyarakat Kabupaten Bima

A. Haris, A. Haris (2018) Analisis Nilai Pendidikan dalam Budaya Kapatu pada Masyarakat Kabupaten Bima. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aharis2012-53593-1-pendahul-n.pdf

Download (984kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aharis2012-53593-2-babi.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aharis2012-53593-3-babii.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aharis2012-53593-4-babiii.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan sarat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Tanpa adanya pendidikan kehidupan bermasyarakat tidak akan sesuai dengan harapan. Pendidikan dalam kehidupan bermasyarakat mempunyai beragam nilai yang terkandung di dalamnya. Kebudayaan merupakan salah satu media untuk melihat dinamika kehidupan termasuk nilai-nilai didik yang terkandung di dalamnya. Sebagai kebudayaan masyarakat Bima, Kapatu menjadi salah satu media untuk menggambarkan proses kehidupan dan mengajarkan masyarakat dengan nilai-nilai didik. Berdasarkan hal itu, yang menjadi rumusan permasalahan dalam penelitian adalah (1) bagaimanakah nilai pendidikan dalam budaya Kapatu pada masyarakat Kabupaten Bima, (2) bagaimanakah fungsi pendidikan dalam budaya Kapatu pada masyarakat Kabupaten Bima. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sastra lisan. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa baris Kapatu. Sumber data penelitian ini yaitu dua pelantun Kapatu bernama Tarman N. Jafar dan Khadijah dari Desa Raba Kodo Kec. Woha Kab. Bima. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi yaitu wawancara, observasi lapangan dan wacana. Data yang ditemukan diproses melalui beberapa langkah, yakni (1) mereduksi data, (2) menyajikan data, (3) menarik simpulan akhir. Sebelum melakukan penarikan kesimpulan dilakukan pengecekan keabsahan untuk menghindari kesalahan informan, data, sumber data dan teknik penelitian. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa langkah, perencanaan, pelaksanaan dan penyelesaian. Dari beberapa proses tersebut ditemukan nilai pendidikan dalam budaya Kapatu seperti pendidikan moral, kepribadian, kesosialan dan keagamaan. Selain itu ditemukan lima fungsi pendidikan yaitu sebagai pengajaran, sosialisasi, transformasi budaya, pembentukan pribadi dan penyiapan tenaga kerja. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, memperoleh kesimpulan bahwa dalam budaya Kapatu ditemukan beragam nilai pendidikan. Nilai pendidikan yang dimaksud adalah (1) nilai pendidikan moral meliputi nilai bertanggung jawab pada diri sendiri, Tuhan, lingkungan alam, sosial dan masyarakat, kejujuran, keadilan, disiplin, kesopanan, empati dan rendah hati, (2) nilai pendidikan kepribadian meliputi nilai demokratis, rasa ingin tahu, mandiri, kerja keras, berpendirian teguh, kesederhanaan dan keberanian, (3) nilai pendidikan kesosialan meliputi nilai peduli lingkungan, peduli sosial, toleransi, musyawarah, bersahabat dan cinta damai, (4) nilai pendidikan keagamaan meliputi aspek iman, Islam, ihsan, ilmu dan amal. Selain itu terdapat beberapa fungsi pendidikan dalam budaya Kapatu yaitu fungsi sebagai pengajaran, sebagai sosialisasi, transformasi budaya, pembentukan pribadi dan penyiapan tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201210080311026
Keywords: Pendidikan, Budaya Kapatu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 19 Sep 2018 07:20
Last Modified: 19 Sep 2018 07:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37523

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo