Komsatun, Siti (2018) INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI PENERAPAN PROGRAM SMART KAMPUNG DI KABUPATEN BANYUWANGI. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
jiptummpp-gdl-sitikomsat-50985-1-pendahul-n.pdf Download (713kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-sitikomsat-50985-2-babi.pdf Download (813kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-sitikomsat-50985-3-babii.pdf Download (895kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-sitikomsat-50985-4-babiii.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Mengingat jarak antara desa dengan kantor pemerintahan yang sangat jauh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi membuat inovasi pelayanan publik program smart kampung yaitu dengan memangkas jangkauan/rentang pelayanan hingga level desa. Dengan adanya program smart kampung semua urusan pelayanan pemerintahan dapat dilaksanakan dengan menggunakan online di desa. Dalam pelaksanaannya, program smart kampung tertuang dalam Peraturan Bupati No 18 Tahun 2016 Tentang Integrasi Program Kerja Berbasis Desa/Kelurahan Melalui Smart Kampung. Melalui teknologi informasi penyelenggaraan pelayanan yang bersifat konvensional menuju pelayanan secara elektronik/e-service yang merupakan bagian dari penyelenggaraan e-government. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Dengan jenis penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah e-government dan pelayanan publik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya inovasi pelayanan yang berbasis internet memotong rentang pelayanan yang jauh, kini dapat dirasakan oleh masyarakat hingga di tingkat desa. Pelayanan publik yang sebelumnya bersifat konvensional berubah menjadi berbasis internet. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui program smart kampung dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik dan kinerja pemerintah desa. Saran dari penelitian ini adalah perlu diperbaiki dari segi perkembangan aplikasi dan jaringan.
Item Type: | Thesis (Bachelors Degree (S1)) |
---|---|
Student ID: | 201310050311134 |
Keywords: | pelayanan publik, inovasi pelayanan publik, e-government |
Subjects: | J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201) |
Depositing User: | Ida Fitriani Noor |
Date Deposited: | 19 Sep 2018 03:47 |
Last Modified: | 19 Sep 2018 03:47 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37514 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |