UMM Institutional Repository

PEMEKARAN DESA SUMBER BRANTAS ` KECAMATAN BUMIAJI KOTA BATU

Sari, Gita Yasinta (2018) PEMEKARAN DESA SUMBER BRANTAS ` KECAMATAN BUMIAJI KOTA BATU. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img] Text
jiptummpp-gdl-gitayasint-51348-1-pendahul-n.pdf

Download (927kB)
[img] Text
jiptummpp-gdl-gitayasint-51348-2-babi.pdf

Download (859kB)
[img] Text
jiptummpp-gdl-gitayasint-51348-3-babii.pdf

Download (1MB)
[img] Text
jiptummpp-gdl-gitayasint-51348-4-babiii.pdf

Download (589kB)

Abstract

Secara teoritis pemekaran daerah yang sudah berlangsung di berbagai wilayah di Indonesia tujuannya adalah untuk meningkatkan pelayanan dan mempercepat pembangunan. Seiring dengan perkembangan kota Batu yang semakin maju dan meningkatkan kepadatan penduduk, menyebabkan adanya ketimpangan pada kecamatannya yang hanya berjumlah tiga kecamatan. Untuk mengatasi masalah ini pemerintah Kota Batu melakukan pemekaran di tiap kecamatan dan desa. Desa Sumber Brantas merupakan salah satu desa pemekaran yang ada di Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Kondisi Desa Sumber Brantas sebelum dimekarkan dari desa induknya yaitu Desa Tulungrejo sangat menyulitkan bagi pemerintah desa dan masyarakat desa. Tujuan penelitian sebagai berikut : 1) Mengetahui Pemekaran Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu. 2) Mengetahui Faktor pendukung dan penghambat pelaksnaan Pemekaran Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu. 3) Mengetahui Permasalahan apa saja yang timbul dalam Pemekaran Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian diskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini digunakan oleh peneliti karena dengan metode ini dapat digambarkan dengan jelas dan terperinci. Yang menjadi lokasi penelitian adalah di Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Hasil penelitian menunjukkan Pemekaran Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu adalah sebagai sebuah terobosan untuk mempercepat pembangunan melalui peningkatan kualitas dan kemudahan memperoleh pelayanan bagi masyarakat, maka dari itu penelitian ini bertujuan memperlihatkan proses pemekaran wilayah desa di tinjau dari aspek otonomi daerah. Faktor pendukung yaitu masyarakat dan kondisi geofrafis serta dukungan pemerintah, masyarakat yaitu dimana antusias masyarakat di tiga dusun yang begitu besar sehingga dapat memperlancar pengusulan pemekaran desa dan kondisi geografis yang strategis sehingga pemekaran desa bisa terbentuk. Adapun faktor yang menghambat proses pemekaran yaitu faktor kepentingan politik dimana adanya unsur yang ingin berorientasi pada kekuasaan sehingga terjadi tarik ulur kepentingan serta proses pembahasan DPRD yang begitu lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201010050311072
Keywords: Desa dan Pemekaran
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 17 Sep 2018 07:08
Last Modified: 17 Sep 2018 07:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37499

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo