UMM Institutional Repository

ANALISIS KONFLIK MASYARAKAT SIPIL VS PENGUASA (Studi kasus konflik pedagang dan pemerintah Kota Malang terkait kebijakan relokasi pedagang pasar dari pasar Merjosari ke pasar Dinoyo)

BASTIAN, HYAN (2018) ANALISIS KONFLIK MASYARAKAT SIPIL VS PENGUASA (Studi kasus konflik pedagang dan pemerintah Kota Malang terkait kebijakan relokasi pedagang pasar dari pasar Merjosari ke pasar Dinoyo). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hyanbastia-51350-1-pendahul-n.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hyanbastia-51350-2-babi.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hyanbastia-51350-3-babii.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hyanbastia-51350-4-babiii.pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

Saat ini konflik atau pertentang semakin banyak terjadi. Berbagai unsur elemen masyarakat termasuk unsur penguasa menjadi biang kerok timbulnya konflik. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih dimana salah satu fihak menyingkirkan fihak lain dengan menghancurkannya atau membuat tidak berdaya dan lemahnya seseorang atau sekelompok orang. Setiap elemen baik dari masyarakat maupun pihak-pihak pembuat kebijakan yang menyumbang terjadinya konflik di masyarakat mungkin tidak menyadari bahaya yang mengancam disintegrasi sosial ini akan berdampak pada keutuhan negara. Tujuan dalam penelitian ini adalah Menganalisa konflik yang terjadi antara masyarakat (pedagang pasar) sipil dengan penguasa (pemkot) di kota malang dan Mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam menganalisa konflik yang terjadi antara masyarakat (pedagang pasar) sipil dengan penguasa (pemkot) di kota malang. Metode yang digunakan untuk penelitian ini menggunakan Metode Pengumpulan data, Observasi merupakan sebuah teknik pengumpulan data yang mengharuskan peniliti turun langsung ke lapangan untuk mengamati hal-hal yang berkaitan dengan ruang, kegiatan, benda-benda, waktu, peristiwa, tujuan, peasaan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Relokasi Pasar Merjosari ke Pasar Dinoyo Merjosari memilik dampak yang lebih condong kepada dampak sosial-ekonomi yang positif, walaupun dampak negatif yang juga terjadi. Untuk dampak positif ekonomi yang muncul adalah akses ekonomi yang lebih terbuka pada masyarakat Dinoyo, sedangkan dampak negatif ekonomi yang terjadi adalah beberapa pedagang mengalami penurunan pendapatan karena konfigurasi kios pedagang tidak sama seperti saat masih di pasar Merjosari sehingga jika di pasar sebelumnya beberapa pedagang mendapat lokasi kios yang strategis dan pada saat relokasi mendapat kios yang tidak strategis maka akan berakibat turunnya pendapatan beberapa pedagang.. Dampak sosial positif yang terjadi adalah proses interaksi di Pasar Dinoyo menjadi lebih luas sehingga pasar menjadi ramai ini dikarenakan lokasi Pasar Dinoyo dekat dengan area keramaian dan jalan utama. Dan saran untuk peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian di Pasar Dinoyo, bisa melakukan penelitian tentang konflik yang terjadi baik antara pedagang Pasar Dinoyo dengan Pemkot Malang menggunakan teori konflik. Maupun meneliti tentang konflik intern yang terjadi antar pedagang Pasar Dinoyo sendiri.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Additional Information: 201010050311101
Uncontrolled Keywords: Konflik, Pembangunan, Masyarakat
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 17 Sep 2018 07:03
Last Modified: 17 Sep 2018 07:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37498

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo