UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN WISATA ORGANIK DESA LOMBOK KULON BERBASIS PARTISIPASI MASYARAKAT (Studi Kasus Tentang Pengembangan Wisata Organic Di Desa Lombok Kulon, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso)

Arifin, Samsul (2018) PENGEMBANGAN WISATA ORGANIK DESA LOMBOK KULON BERBASIS PARTISIPASI MASYARAKAT (Studi Kasus Tentang Pengembangan Wisata Organic Di Desa Lombok Kulon, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso). Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-samsularif-51351-1-pendahul-n.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-samsularif-51351-2-babi.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-samsularif-51351-3-babii.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-samsularif-51351-4-babiii.pdf

Download (491kB) | Preview

Abstract

Sektor pariwisata merupakan sector yang akan sangat berdampak positif untuk masyarakat sekitar jika pengelolaan dilakukan dengan baik. Pariwisata juga dapat dikategorikan sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian dengan memandang bahwa pariwisata sebagai sector industry. Saat ini yang sedang marak dilaksanakan adalah pariwisata berbasis partisipasi masyarakat. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dan metode kualitatif guna menggambarkan Pengembangan Desa Wisata Organik Berbasis Partisipasi Masyarakat yang terletak di desa Lombok Kulon, kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa adanya desa wisata organic Lombok kulon merupakan murni inisiatif dari warga masyarakat desa Lombok kulon. Pengembangan desa wisata organic di Lombok kulon melalui beberapa tahapan sebagai berikut : yang pertama adalah menggali potensi desa yang meliputi identifikasi potensi wisata yang ada di desa Lombok kulon, berikutnya adalah mengolah dan mengembangkan desa wisata yang dilakukan dengan cara sosialisasi pembinaan, perbaikan infrastruktur dan menyiapkan sarana dan prasarana wisata seperti homestay, dan lainnya. Langkah berikutnya adalah menyiapkan sumber daya manusia untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan yang dilakukan, serta juga melakukan kegiatan promosi untuk menarik wisatawan. Potensi yang terdapat di desa wisata organic Lombok kulon adalah berupa kegiatan pendidikan yang meliputi beras organic hasil dari olahan pertanian organic, kegiatan klinik organic yang berisi pendidikan tentang tata cara melakukan pertanian organic serta juga didukung dengan kegiatan wisata yang berupa kegiatan tubing. Hambatan yang ditemui adalah kurang maksimalnya peran dari pemerintah desa Lombok kulon dan dinas pariwisata, pemuda dan olahraga kabupaten bondowoso.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201310050311170
Keywords: Pengembangan Desa Wisata Organik, Pertanian Organik
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 17 Sep 2018 06:57
Last Modified: 17 Sep 2018 06:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37497

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo