UMM Institutional Repository

EFEKTIVITAS KEBIJAKAN PROGRAM PENGADAAN BIBIT BAWANG MERAH DI KABUPATEN BIMA

Ardiansyah, Adi and Nurjaman, Asep and Su’adah, Su’adah (2018) EFEKTIVITAS KEBIJAKAN PROGRAM PENGADAAN BIBIT BAWANG MERAH DI KABUPATEN BIMA. LOGOS (Journal of Local Government Issues). ISSN 2620-3812 (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Ardiansyah Nurjaman Su’adah - Efektivitas Kebijakan.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Tuntutan dan desakan peningkatan nilai produksi bawang merah di kabupaten Bima, di picu oleh adanya kebutuhan terhadap bawang merah, yang semakin hari semakin meningkat. Kebutuhan tersebut bukan hanya di daerah kabupaten Bima melainkan di daerah-daerah lain juga melakukan tuntutan yang sama, sehingga perlu untuk di tumbuh kembangkan. Mengingat daerah kabupaten Bima merupakan daerah yang berpenghasil bawang merah, serta sebagian besar masyarakat tersebut sangat tergantung dari hasil produksi bawang merah. Berdasarkan input tersebut pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang peningkatan nilai produksi dan produktivitas bawang merah, dengan mengacu pada peraturan mentri pertanian no. 18 tahun 2012 pangan, SK ditjen hortikultura No. 29 tahun 2016 tentang petunjuk teknis pengelolaan program bantuan pemerintah serta undang-undang No. 19 tahun 2013 tentang perlindungan dan pemberdayaan petani. kebijakan tersebut sebagai upaya untuk mencukupi atas kebutuhan nasional terhadap bawang merah. Berdasarkan kebijakan tersebut petani berhasil meningkatkan nilai produksi dan produktivitas pertanian bawang merah sebanyak 24,7% dari tahun sebelumnya. Namun dengan demikian, pemerintah gagal dalam mencapai sasaran kepada kelompok tani sebagai target utama kebijakan tersebut serta tidak tepat waktu, karena tidak sesuai dengan waktu pelaksanaan penanaman bawang merah yang dilakukan oleh petani.

Item Type: Article
Keywords: effectiveness, programpolicies,not ontarget,ontime, noobstacles
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Listiana Asworo
Date Deposited: 07 Sep 2018 02:31
Last Modified: 07 Sep 2018 02:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37438

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo