UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENDESKRIPSIKAN BAGIAN TUBUH HEWAN DAN TUMBUHAN KELAS 2 DI SDN 2 TAMANSURUH KABUPATEN BANYUWANGI

KURNIAWAN, ROFIQ YUDHA (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENDESKRIPSIKAN BAGIAN TUBUH HEWAN DAN TUMBUHAN KELAS 2 DI SDN 2 TAMANSURUH KABUPATEN BANYUWANGI. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rofiqyudha-50851-1-pendahul-n.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rofiqyudha-50851-2-babi.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rofiqyudha-50851-3-babii.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rofiqyudha-50851-4-babiii.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas 2 di SDN 2 Tamansuruh Kabupaten Banyuwangi diketahui bahwa dalam penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia belum pernah digunakan sebelumnya. Media yang digunakan sebatas alat peraga kongkret belum cukup memenuhi semua indikator pembelajaran karena guru merasa kurang efektif dalam penggunaan waktu, biaya dan tenaga. Media visual yang cenderung digunakan di sekolah terkesan monoton dan tidak didesain khusus sehingga membuat siswa tidak tertarik dalam mempelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan media pembelajaran, untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis flash, dan untuk mengetahui hasil validasi media pembelajaran interaktif berbasis flash. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Borg dan Gall. Model ini terdiri dari 10 tahapan yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan desain produk awal, validasi ahli, revisi produk hasil validasi ahli, uji coba lapangan utama, revisi produk uji lapangan utama, uji pelaksanaan lapangan, revisi produk hasil uji pelaksanaan lapangan, dan diseminasi dan implementasi. Akan tetapi, karena media masih perlu disempurnakan lagi, peneliti ini berhenti sampai tahap revisi tahap akhir. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa komentar dan saran perbaikan produk dari ahli media maupun ahli materi, sedangkan data kuantitatif berasal dari skor penilaian para ahli,angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis flash yang dikembangkan memenuhi kriteria valid. Hasil validasi ahli media sebesar 90%, dan validasi ahli materi diperoleh 97%, Hasil untuk angket angket respon siswa pada uji kelompok kecil mendapatkan nilai 79,5% dengan kategori menarik, sedangkan hasil uji kelompok besar mendapatkan nilai sebesar 84% dengan kategori sangat menarik, sehingga media pembelajaran interaktif berbasis flash yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201010430311032
Keywords: media pembelajaran, interaktif berbasis flash, kemampuan mendeskripsikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 20 Aug 2018 04:31
Last Modified: 20 Aug 2018 04:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37297

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo