UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI KELESTARIAN DAN PEMELIHARAAN ALAM PADA SISWA KELAS III SDN BOCEK 03 KARANGPLOSO

KIRNAWATI, RATNA YULIYA (2018) IMPLEMENTASI METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI KELESTARIAN DAN PEMELIHARAAN ALAM PADA SISWA KELAS III SDN BOCEK 03 KARANGPLOSO. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratnayuliy-50853-1-pendahul-n.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratnayuliy-50853-2-babi.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratnayuliy-50853-3-babii.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratnayuliy-50853-4-babiii.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman siswa mengenai kelestarian dan pemeliharaan alam pada siswa kelas III SDN BOCEK 03 Karangploso Kabupaten Malang. Berdasarkan Hasil observasi nilai mata pelajaran IPA Khususnya mengenai kelestarian dan pemeliharaan alam masih tergolong sangat rendah. . Hal ini ditunjukan dengan minat belajar siswa pada saat mengikuti pembelajaran saat kurang. Siswa kurang antusias mengikuti pelajaran, sering menguap ketika guru berceramah di depan, siswa asyik mengobrol dengan temannya tanpa menghiraukan guru, dan beberapa siswa sering ijin ke belakang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan haasil belajar dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Index Card Match, dan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Index Card Match. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kela (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanakan, observasi, dan refleksi. Siklus 1 dan Siklus II masing-masing dilakukan selama dua kali pertemuan selama 4x35 menit. Siklus I dan Siklus II dilakukan dengan fokus pembelajaran yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Kelestarian dan pemeliharaan alam dengan menggunakan metode Index Card Match. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Data dianalisis menggunakan data kuantitatif dan data Kualitatif. Berdasarkan Hasil pelaksanaan metode Index Card Match , yakni dapat meningkatkan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 2 sebesar 54%. kemudian puncaknya adalah pada siklus II pertemuan 1, sebesar 84 %. Sedangkan untuk hasil belajar siswa IPA pada siklus II pertemuan 2 rata-rata hasil belajar siswa mencapai 79,3 dengan ketuntasan klasikalnya sudah mencapai 93,3 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201010430311347
Keywords: Index Card Match, Aktivitas dan Hasil Belajar, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 20 Aug 2018 04:09
Last Modified: 20 Aug 2018 04:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37295

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo