UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SDN WONOKERSO 01 PAKISAJI

FIRMANSYAH, EKO (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SDN WONOKERSO 01 PAKISAJI. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekofirmans-50857-1-pendahul-n.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekofirmans-50857-2-babi.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekofirmans-50857-3-babii.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekofirmans-50857-4-babiii.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti dengan guru kelas IV SDN Wonokerso 01 Pakisaji, guru sudah menerapkan model pembelajaran Discovery Learning, maka dari itu saya tertarik untuk melakukan penelitian di sekolah tersebut. Menurut guru kelas IV dengan diterapkannya model Discovery Learning proses pembelajaran lebih efektif dan menarik sehingga siswa mampu menguasai materi dan mampu untuk berfikir analisis dan kritis. Selain itu siswa menemukan prinsip-prinsip atau konsep-konsep bagi diri mereka sendiri dalam proses pemecahan masalah yang nantinya dapat bermanfaat bagi kehidupan sehari-harinya Pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini yaitu siswa kela IV di SDN Wonokerso 01 Pakisaji. Data diambil meelalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu peneliti juga menelaah RPP untuk dicocokkan dengan kegiatan pembelajaran apakah sesuai atau tidak agar data yang diterima menjadi data yang valid. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan model discovery learning pada pembelajaran tematik kurikulum 2013 pada tahap perencanaan dilakukan dengan merancang silabus dan RPP. Guru sudah melakukan beberapa langkah model discovery learning namun ada langkah dalam pembelajaran yang tidak dilaksanakan, yaitui pada kegiatan pengolahan data (Data Processing). Pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru tidak nampak kegiatan pengolahan data (Data Processing) Di dalam persiapan pembelajaran guru dalam RPP, guru sudah mengatur alokasi waktu per kegiatan. Namun, pada saat pembelajaran terdapat beberapa masalah mengenai kekurangan waktu akibat dari banyaknya materi pada satu pembelajaran, slain itu banyaknya siswa yang mengikuti kegiatan 17 agustus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201310430311120
Keywords: Model Discovery Learning, pembelajaran tematik,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 20 Aug 2018 03:59
Last Modified: 20 Aug 2018 03:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37293

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo