UMM Institutional Repository

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas V Di SDN Kedawungwetan IV Kabupaten Pasuruan Tahun Ajaran 2016/2017

RANDIKA, DESY EFFI (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas V Di SDN Kedawungwetan IV Kabupaten Pasuruan Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-desyeffira-50859-1-pendahul-n.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-desyeffira-50859-2-babi.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-desyeffira-50859-3-babii.pdf

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-desyeffira-50859-4-babiii.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Nilai PKn siswa di SDN kedawungwetan IV Kabupaten Pasuruan masih banyak di bawah Kriteria kelulusan minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah. Kriteria kelulusan minimal (KKM) 74 belum bisa dicapai oleh siswa, diketahui sebanyak 21% siswa memperoleh nilai di atas Kriteria kelulusan minimal (KKM), dan sebanyak 79% siswa memperoleh nilai di bawah Kriteria kelulusan minimal (KKM). Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dimaksud ada kaitannya dengan cara mengajar guru hanya menggunakan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab dan di sekolah tidak adanya peggunaan media dalam pembelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan dan menganalisis pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar PKn. penelitian ini merupakan penelitian ekaperimen dan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian One-Group Pretest-Postest design. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar PKn siswa yang diperoleh dari nilai Pretest dan Postest. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 21 yaitu uji paired sample t-Test untuk menguji perbedaan rata-rata dari nilai Pretest dan Postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berjalan dengan lancar dan sesuai dengan sintak Numbered Heads Together (NHT). Uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-Test memperoleh nilai |thitung| sebesar 3,569 dan ttabel sebesar 2,064 dengan signifikan 0,002 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada pengaruh penerapan Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar PKn siswa setelah diberi perlakuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201310430311259
Keywords: Model Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 20 Aug 2018 03:55
Last Modified: 20 Aug 2018 03:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37292

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo