UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA TEMA PERUBAHAN DI ALAM DI KELAS III SDN WONOKUSUMO KABUPATEN MOJOKERTO

WIDODO, ARY SETYO (2018) PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA TEMA PERUBAHAN DI ALAM DI KELAS III SDN WONOKUSUMO KABUPATEN MOJOKERTO. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arysetyowi-50867-1-pendahul-n.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arysetyowi-50867-2-babi.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arysetyowi-50867-3-babii.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arysetyowi-50867-4-babiii.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya keikut sertaan siswa dalam kegiatan belajar di dalam kelas. Kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah dan belum menjadi tujuan pokok pembelajaran. Selain itu juga penerapan metode pembelajaran yang masih kurang bervariatif. Hasil belajar yang dicapai siswa masih rendah, hal ini berdampak pada pembelajaran yang berlangsung. Penelitian ini terfokus pada tema Perubahan Alam sub tema perubahan wujud benda pembelajaran satu, bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktifitas siswa melalui pembelajaran dengan metode Picture and picture. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 langkah utama, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas III SDN Wonokusumo tahun ajaran 2016/2017 sejumlah 28 siswa. Masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan dengan alokasi waktu pembelajaran 5x35 menit. Adapun langkah-langkah pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan sintak Picture and Picture yakni menyampaikan tujuan pembelajaran, menyampaikan materi, menyajikan gambar, mengurutkan gambar, menjelaskan urutan gambar, penguatan siswa dan membuat kesimpulan. Hasil belajar siswa kelas III SDN Wonokusumo Mojosari pada siklus I yang mencapai KKM sebanyak 9 siswa (32,1%). Oleh karena itu pembelajaran belum bisa dikatakan berhasil dan perlu dilanjutkan pada siklus kedua.Sedangkan hasil belajar pada siklus kedua menunjukan bahwa siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan KKM mencapai 78,56% (22 siswa). Dengan demikian, pembelajaran pada siklus 2 bisa dikatakan berhasil. Aktifitas belajar siswa yang meliputi aktifitas mengamati,menanya, menalar, mencoba, dan membuat jejaring (mengkomunikasikan) masih belum baik karena nilai rata-rata aktifitas siswa belum mencapai 70% (23 siswa). Pada siklus kedua, aktifitas siswa mengalami peningkatan pada masing-masing kategori mencapai nilai rata-rata lebih dari 70% (24 siswa). Maka dapat disimpulkan bahwa aktifitas siswa pada siklus 2 adalah baik karena nilai aktifitasnya melampaui kriteria yang telah ditetapkan peneliti yakni 70%.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201010430311398
Keywords: Metode Picture and Picture, Hasil Belajar, Aktifitas Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 20 Aug 2018 01:37
Last Modified: 20 Aug 2018 01:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37289

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo