UMM Institutional Repository

HUBUNGAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN LITERASI MEMBACA SISWA SDN SUKODADI 2 KABUPATEN JOMBANG

HARTANTI, NOVELIA (2018) HUBUNGAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN LITERASI MEMBACA SISWA SDN SUKODADI 2 KABUPATEN JOMBANG. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-noveliahar-51151-1-pendahul-n.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-noveliahar-51151-2-babi.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-noveliahar-51151-3-babii.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-noveliahar-51151-4-babiii.pdf

Download (598kB) | Preview

Abstract

Permasalahan perpustakaan yang diketahui penulis pada saat observasi awal, yakni rendahnya pengelolaan perpustakaan sekolah, perpustakaan sekolah yang jarang sekali dikunjungi dan tempatnya kurang terawat. Banyak siswa yang kurang berminat terhadap membaca dapat disebabkan karena kurangnya pengenalan siswa terhadap buku dan dapat juga karena pengelolaan perpustakaan yang masih kurang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan peningkatan literasi membaca siswa SDN Sukodadi 2 Kabupaten Jombang. 2) mendeskripsikan pengelolaan perpustakaan sekolah SDN Sukodadi 2 Kabupaten Jombang. 3) Mendeskripsikan hubungan pengelolaan perpustakaan sekolah terhadap peningkatan literasi membaca siswa SDN Sukodadi 2 Kabupaten Jombang. Penelitian ini masuk dalam penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah SDN Sukodadi 2 Kabupaten Jombang, yang berjumlah 120 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 71 siswa dan siswa putri sebanyak 49 siswa. Sampel yang digunakan penulis yakni sebagian dari populasi dengan pengambilan data pada siswa siswi kelas 4 dan 5, dengan jumlah siswa kelas 4 sebanyak 22 siswa dan kelas 5 sebanyak 18 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa 2 kali angket, dengan menggunakan jenis angket tertutup dan menggunakan skala likert, yang mana angket skala likert ini memiliki 4 dan 2 alternatif jawaban. Teknik analisis data yang digunakan penulis yakni perhitungan korelasi dan uji beda One Sampel T-Test. Berdasarkan rumusan masalah maka penulis mendapatkan hasil penelitian: 1) mendeskripsikan tentang peningkatan literasi membaca siswa melalui pengkriteriaan hasil dari data mentah, 2) mendeskripsikan tentang pengelolaan perpustakaan sekolah SDN Sukodadi 2 Kabupaten Jombang yang memang perlu untuk dilakukan, 3) berdasarkan perhitungan yang menggunakan SPSS 16.0 for Windows, diketahui bahwa terdapat hubungan positif dengan kriteria hubungan korelasi sedang antara pengelolaan perpustakaan sekolah terhadap peningkatan literasi membaca siswa SDN Sukodadi 2 Kabupaten Jombang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201310430311285
Keywords: Pengelolaan, Perpustakaan, Peningkatan, Literasi, Membaca.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 14 Aug 2018 06:36
Last Modified: 14 Aug 2018 06:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37256

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo