UMM Institutional Repository

ANALISIS MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS 1 SDN DINOYO 3 MALANG

FEBRIASTI, RIZKI (2018) ANALISIS MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS 1 SDN DINOYO 3 MALANG. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkifebri-53127-1-pendahul-n.pdf

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkifebri-53127-2-bab1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkifebri-53127-3-bab2.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkifebri-53127-4-bab3.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara di Sekolah Dasar Negeri Dinoyo 3 Malang bahwa guru harus mempunyai alternatif tersendiri untuk menangani masalah yang ada di kelas agar tercipta suasana pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kelas dalam pembelajaran tematik terpadu khususnya dalam pengorganisasian kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif untuk menggambarkan keadaan dilapangan dengan apa adanya. Aspek yang diteliti meliputi pengorganisasian kegiatan pembelajaran, pengorganisasian peserta didik, serta pengorganisasian sarana prasarana pembelajaran. Instrumen penelitian menggunakan Pedoman wawancara, pedoman observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Pada pengorganisasian kegiatan pembelajaran, guru sudah melakukan tahapan-tahapan pembelajaran sesuai dengan urutan kegiatan pembelajaran seperti perencanaan, pelaksanaan, serta pengadaan evaluasi pembelajaran. 2) Ditinjau dari aspek pengorganisasian peserta didik, guru sudah melakukan pembimbingan, pembinaan disiplin diri terhadap peserta didik, serta menciptakan hubungan baik dengan siswa. 3) Ditinjau dari aspek pengorganisasian sarana prasarana pembelajaran, guru sudah melakukan pengaturan tempat duduk peserta didik sesuai dengan kebutuhan pembelajaran, guru juga menggunakan media secara bervariasi sesuai dengan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201310430311274
Keywords: Manajemen Kelas, Pengorganisasian Kelas, Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 09 Aug 2018 03:22
Last Modified: 09 Aug 2018 03:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37216

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo