UMM Institutional Repository

PEMANFAATAN MEDIA KANTONG BILANGAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 SEMESTERI MATERI PENJUMLAHAN DI SDN SUMBER PORONG 03 LAWANG MALANG

ERNAWATI, RANNY SEPTYA (2018) PEMANFAATAN MEDIA KANTONG BILANGAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 SEMESTERI MATERI PENJUMLAHAN DI SDN SUMBER PORONG 03 LAWANG MALANG. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rannysepty-53123-1-1.pendah-).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rannysepty-53123-2-2.babi(-).pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rannysepty-53123-3-3..babi-).pdf

Download (935kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rannysepty-53123-4-4.babii-).pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

Pada kenyataannya bahwa guru kelas II di SDN Sumberporong 03 memahami bahwa penggunaan media pembelajaran sangat penting.Media digunakan untuk mempermudah siswa dalam memahami soal cerita yang diberikan.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pemanfaatan media kantong bilangan pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dalam silabus dan RPP guru SDN Sumberporong 03 Kecamatan Lawang, (2) mendeskripsikan pemanfataan media kantong bilangan pada pembelajaran matematika materi penjumlahan SDN Sumberporong 03 Kecamatan Lawang, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi pemanfaatan media kantong bilangan dalam pembelajaran matematika pada materi penjumlahan di SDN Sumberporong 03 Kecamatan Lawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan .Penelitian dilaksanakan pada tanggal 7- 10November 2016 yang berlokasi di SDN Sumberporong 03 Kecamatan Lawang dengan sumber data guru kelas dan siswa kelasII. Prosedur pengumpulan data dilakukan berdasarkan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan pemanfaatan media kantong bilangan dapat terlaksana, (2)pemanfaatan media kantong bilangn sangat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran, selain menarik perhatian siswa, media kantong bilangan memudahkan siswa dalam memahami materi, membuat siswa aktif dan menciptakan pembelajaran dengan suasana yang menyenangkan. Berdasarkan penelitian ini penulis menyarankan agar guru dapat menciptakan media pembelajaran yang berbeda sehingga dapat menarik perhatian siswa dan dapat mempermudah siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201010430311046
Keywords: Media, Kantong Bilangan, Penjumlahan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 09 Aug 2018 02:40
Last Modified: 09 Aug 2018 02:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37214

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo