UMM Institutional Repository

ANALISIS MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BILINGUAL DI KELAS 1 SD PUNTEN 1 BATU

EPRIANI, EPRIANI (2017) ANALISIS MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BILINGUAL DI KELAS 1 SD PUNTEN 1 BATU. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-epriani-49363-1-pendahul-n.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-epriani-49363-2-babi.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-epriani-49363-3-babii.pdf

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-epriani-49363-4-babiii.pdf

Download (468kB) | Preview

Abstract

SD Punten 1 Batu merupakan sekolah rujukan di kota Batu dengan mayoritas siswa berbahasa jawa. Akan tetapi hasil belajar bahasa jawa siswa lebih rendah dibandingkan dengan hasil pada pembelajaran tematik, sehingga adanya program sedinten basa jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik bilingual yang dilakukan di kelas 1 SD Punten 1 Batu, (2) prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik bilingualyang dilakukan di kelas 1 SD Punten 1 Batu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sebagai sumber data, dipilih siswa kelas 1 SD Punten 1 Batu yang beralamat di Desa Punten, kec. Bumiaji, Kota Batu. Sebagai satu-satunya instrumen penelitian, peneliti membutuhkan alat bantu penelitian yaitu: lembar pedoman observasi, pedoman wawancara, dan panduan dokumentasi. Tahapan dalam penelitian ini yaitu: pra-lapang, kegiatan kelapangan, dan kegiatan intensif (analisis data). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan indikator motivasi belajar pada pembelajaran tematik bilingual siswa termotivasi untuk belajar. Dengan adanya motivasi belajar, siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya. 85% siswa di kelas mampu berkomunikasi dengan berbahasa Indonesia dengan baik. Hasil penelitian ini bahwa pembelajaran tematik bilingual memotivasi siswa untuk lebih berprestasi dengan adanya inovasi penggunaan media bantu berupa gambar dan lagu-lagu. Hasil penelitian didukung dengan adanya pembiasaan sedinten basa jawa. Program pembiasaan ini dalam praktiknya belum adanya sistem evaluasi yang baku dari sekolah, sehingga disarankan untuk menyusun instrumen penilaian terhadap penerapan sedinten basa jawa yang dikreasikan dengan media dan metode yang menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords: Pembelajaran tematik, bilingual, motivasi belajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 07 Aug 2018 04:04
Last Modified: 07 Aug 2018 04:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37202

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo