UMM Institutional Repository

ANALISIS KESULITAN GURU KELAS 3 DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN TEMATIK SDN PANGGUNGREJO 4 KEPANJEN - MALANG

KURNIAWAN, PRAYUGO WAHYU (2018) ANALISIS KESULITAN GURU KELAS 3 DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN TEMATIK SDN PANGGUNGREJO 4 KEPANJEN - MALANG. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-prayugowah-51761-1-pendahul-n.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-prayugowah-51761-2-babi.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-prayugowah-51761-3-babii.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-prayugowah-51761-4-babiii.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Pada Kenyataannya bahwa guru belum maksimal dalam melaksanakan pembelajaran tematik. Hal ini berdampak pada ketidak munculan beberapa karakteristik pembelajaran tematik sebagai salah satu hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di SDN Panggungrejo 04 Kepanjen - Malang.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan pelaksanaan pembelajaran tematik di SDN Panggungrejo 04 Kepanjen, desa Panggungrejo, kecamatan Kepanjen, kabupaten Malang, Jawa Timur. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas III yang mengajar di kelas pada tahun ajaran 2016/2017. Setting penelitian mengambil tempat di SD N Wonosaari IV dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan pelaksanaan pembelajaran tematik di SDN Panggungrejo 04 berupa: (1) keterbatasan pemahaman guru tentang konsep perkembangan anak usia SD dan karakteristiknya karena hanya diperoleh saat kuliah kependidikan dan berdampak pada kurang optimalnya guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik sesuai perkembangan anak, (2) keterbatasan pengetahuan guru mengenai pelaksanaan pembelajaran tematik, sehingga berdampak pada ketidakmunculan beberapa karakteristik pembelajaran tematik, (3) faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan pembelajaran tematik adalah a) guru kurang disiplin waktu dalam hal melengkapi tugas administrasi guru, b) guru belum begitu memahami tentang pengembangan pembelajaran tematik dalam RPP, c) guru kesulitan dalam mengintegrasikan tema ke dalam jadwal yang sudah ada, d) guru kesulitan mengelola proses pembelajaran siswa kelas rendah karena kurang pemahaman dalam perkembangan anak usia SD, e) guru tidak fokus terhadap materi yang diajarkan, f) guru belum bisa menilai siswa secara menyeluruh dalam mengevaluasi tiga ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotor, (4) Guru sudah melakukan beberapa upaya dalam mengatasi hambatan pelaksanaan pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Additional Information: 201110430311075
Uncontrolled Keywords: pemahaman, pengetahuan, pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 02 Aug 2018 04:20
Last Modified: 02 Aug 2018 04:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37182

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo