UMM Institutional Repository

KOMODIFIKASI SENSUALITAS PEREMPUAN DALAM FILM INDONESIA (Analisis Isi Pada Film "Negeri Tanpa Telinga")

INAYAH, DIANATUL (2017) KOMODIFIKASI SENSUALITAS PEREMPUAN DALAM FILM INDONESIA (Analisis Isi Pada Film "Negeri Tanpa Telinga"). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dianatulin-50282-1-pendahul-n.pdf

Download (903kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dianatulin-50282-2-babi.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dianatulin-50282-3-babii.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dianatulin-50282-4-babiii.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Banyak film yang dibuat hanya untuk menarik minat penontonnya saja, sehingga sering kali terdapat adegan-adegan yang selalu memperlihatkan ketidakadilan gender yang mengarah kepada penonjolan unsur sensualitas dari sosok perempuan dalam film yang digunakan oleh pembuat film sebagai salah satu komoditi yang mempunyai nilai jual. Tubuh perempuan dengan mudahnya dieksploitasi seperti yang terjadi di salah satu bentuk media komunikasi massa yaitu film. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah berapa frekuensi komodifikasi sensualitas wanita dalam perfilman Indonesia melalui film Negeri Tanpa Telinga. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui jumlah frekuensi kemunculan sensualitas dalam film Negeri Tanpa Telinga. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan perangkat statistik deskriptif. Tujuan dari analisis isi adalah mempresentasikan kerangka pesan secara akurat. Penelitian ini menggunakan unit pencatatan dan satuan ukurnya yaitu detik bagian penting dari sebuah film, dengan struktur kategori sensualitas. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati secara intensif film Negeri Tanpa Telinga yang mengandung unsur sensualitas yang dimunculkan dalam film Negeri Tanpa Telinga, dan menganalisisnya dengan kategorisasi yang telah ditentukan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh film Negeri Tanpa Telinga. Pengumpulan data dilakukan dengan jalan mendokumentasi, mengamati, dan menghitung unsur sensualitas dalam film tersebut. Kemudian dilakukan uji reliabilitas melalui proses pengkodingan yang berdasarkan kategori dan indikator yang telah disusun. Pengukuran uji reliabilitas ini menggunakan rumus Holsty dan diperkuat dengan hasil reliabilitas menggunakan formula scoot PI Indeks. Berdasarkan penelitian ini, dari unsur sensualitas perempuan yang muncul di dalam film Negeri Tanpa Telinga, dibagi menjadi dua sub-kategori yaitu, aktifitas seksual dan gaya berbusana, ditemukan kemunculan jenis sensualitas perempuan yang paling sering muncul adalah frekuensi kemunculan terbesar yaitu kategori gaya berbusana 1284 kali atau 97,94%. Hasil ini berdasarkan rincian: indikator pressbody sebanyak 928 kali atau 72,27%, indikator bra sebanyak 239 kali atau 18,61%, dan indikator hotpants sebanyak 117 kali atau 09,11%. Lalu kategori aktifitas seksual sebanyak 27 kali atau 02,05%. Hasil ini berdasarkan rincian: indikator berciuman muncul sebanyak 6 kali atau 22,22%, indikator bersetubuh sebanyak 21 kali atau 77,77%, dan pada indikator onani 0 kali. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dalam film Negeri Tanpa Telinga memuat jumlah kemunculan sensualitas perempuan dari 88 scene sebanyak 27 scene atau 1311 kali. Jadi, meskipun dengan jumlah dan presentase kemunculan untuk frekuensi dan durasi tidak terlalu banyak namun hal ini sudah membuktikan bahwa sensualitas perempuan menjadi komoditas yang disisipkan dalam film Negeri Tanpa Telinga. Perempuan dijadikan objek komoditi yang diperjual belikan lewat penampilannya di media massa.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Additional Information: 201210040311365
Uncontrolled Keywords: Analisis Isi, Sensualitas
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:09
Last Modified: 18 Jul 2018 07:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37081

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo