UMM Institutional Repository

PENGARUH PESAN HOAX DI FACEBOOK TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN INFORMASI REMAJA ( Studi Pada Siswa SMA NEGERI 3 MOJOKERTO)

Kaptiputra, Pramana Ciphardhya (2017) PENGARUH PESAN HOAX DI FACEBOOK TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN INFORMASI REMAJA ( Studi Pada Siswa SMA NEGERI 3 MOJOKERTO). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pramanacip-50601-1-pendahul-n.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pramanacip-50601-2-bab1.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pramanacip-50601-3-bab2.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pramanacip-50601-4-bab3.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Pada masa sekarang ini hampir semua kalangan menggunakan media sosial untuk memperlihatkan kegiatan mereka sehari-hari kepada khalayak. Rata-rata yang menggunakan media sosial adalah para remaja. Media sosial adalah sebagai media online yang mendukung interaksi sosial di masyarakat. Dengan pemahaman tersebut, media sosial dapat berdampak positif maupun negatif bagi penggunanya tergantung bagaimana orang tersebut menggunakannya. Namun, tak banyak orang yang bersikap jahil dalam menggunakan media sosial. Contohnya membuat pesan palsu atau hoax. Hal tersebut dapat berdampak negatif bagi sang pembaca jika pesan hoax tersebut tidak dicari kebenarannya. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pesan hoax di Facebook terhadap tingkat kepercayaan informasi remaja studi pada siswa SMA NEGERI 3 MOJOKERTO kelas XI. Jenis penelitian yang digunakan asosiatif korelasional (eksplanatif) dalam bentuk survey. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan probabality sampling, untuk jenis teknik yang digunakan simpel random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 70 responden. Untuk pengukuran data dari kuisioner dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dan untuk mengetahui pengaruh pesan hoax di facebook terhadap tingkat kepercayaan informasi remaja menggunakan uji regresi sederhana. Dari hasil pengujian hipotesis secara simultan menghasilkan nilai Hasil pengujian tersebut menunjukkan Fhitung sebesar 67,688 dan Ftabel sebesar 3.98 dengan level of significance (α=5%). Hal ini berarti terdapat pengaruh signifikan variabel pesan hoax di facebook terhadap variabel tingkat kepercayaan informasi remaja. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, atau dengan kata lain ada pengaruh dari pesan hoax di facebook terhadap tingkat kepercayaan informasi remaja.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Additional Information: 201310040311332
Uncontrolled Keywords: Pesan hoax, Media Sosial, Remaja
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 18 Jul 2018 06:18
Last Modified: 18 Jul 2018 06:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37078

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo