UMM Institutional Repository

AKTIVITAS CITY BRAND COMMUNICATION OLEH PEMERINTAH KOTA (Studi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang)

Arifia, Zantun (2017) AKTIVITAS CITY BRAND COMMUNICATION OLEH PEMERINTAH KOTA (Studi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-zantunarif-50603-1-pendahul-n.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-zantunarif-50603-2-babi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-zantunarif-50603-3-babii.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-zantunarif-50603-4-babiii.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari atas fenomena maraknya city branding yang dilakukan oleh beberapa kota besar di Indonesia dalam rangka menjadikan kotanya sebagai salah satu lokasi wisata. City branding merupakan salah satu aktivitas komunikasi yang disampaikan kepada khalayak yang menjadi sasaran dari komunikasi tersebut. Dalam penelitian ini Pemerintah Kota meminta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang untuk membuat city branding bagi kota Malang dan mengkomunikasikannya ke masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kota mengkomunikasikan sebuah merek. Penelitian ini menggunakan city brand communication dari Kavaratsiz (2004) yang membentuk tiga jenis komunikasi dalam city branding yaitu : (1) primary communication, yang digambarkan sebagai tindakan atau langkah yang dilakukan oleh kota itu sendiri, (2) secondary communication, merupakan bentuk komunikasi formal yang dilakukan oleh kota, seperti segala bentuk periklanan dan hubungan masyarakat, (3) tertiary communication, yaitu mengacu pada word of mouth yang dilakukan oleh masyarakat kota atau masyarakat yang diterpa oleh komunikasi formal yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif dengan teknik pengumpulan data, wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dan teknik analisi data menggunakan Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi serta validasi data dengan menggunakan sumber triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep City Brand Communication Kavaratzis, "Beautiful Malang" yang merupakan sebuah program dari pemerintah sudah dikomunikasikan dengan cukup baik, meskipun ada beberapa hal yang masih kurang. Komunikasi premier dilakukan dengan baik dimana pemerintah melibatkan masyarakat dalam setiap kegiatan yang dilakukan. Kedua komunikasi sekunder, publikasi dan promosi dilakukan dengan memanfaatkan berbagai media sebagai sarana penyampaian pesan, disini penggunaan akun media sosial masih belum dioptimalkan. Ketiga komunikasi tersier, "Beautiful Malang" tidak banyak di kaitkan oleh masyarakat dengan perubahan-perubahan infrastruktur atau kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201310040311156
Keywords: city branding, city brand communication
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 17 Jul 2018 08:59
Last Modified: 17 Jul 2018 08:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37075

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo