UMM Institutional Repository

STRATEGI KOMUNIKASI LEMBAGA PEMERINTAH DAERAH DALAM MENANGANI MASALAH TUNJANGAN PROFESI GURU TAHUN 2015 (Studi Pada Bagian Perencanaan dan Keuangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maluku Tengah)

Maruapey, Widya Aztriny (2017) STRATEGI KOMUNIKASI LEMBAGA PEMERINTAH DAERAH DALAM MENANGANI MASALAH TUNJANGAN PROFESI GURU TAHUN 2015 (Studi Pada Bagian Perencanaan dan Keuangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maluku Tengah). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-widyaaztri-50604-1-pendahul-n.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-widyaaztri-50604-2-bab1.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-widyaaztri-50604-3-babii.pdf

Download (968kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-widyaaztri-50604-4-babiii.pdf

Download (387kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang timbul pada pertengahan tahun 2015 tentang tunjangan profesi guru. sebagian para guru melalukan aksi demo didepan kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yaitu menuntut dan mempertanyaan soal Tunjangan profesi guru triwulan 1 tahun 2015 yang belum direalisasikan. Hal yang pertama kali dihadapi oleh Dinas tersebut dan proses penanganannya dapat diselesaikan dengan cepat dan permasalah tersebut merupakan permasalahan yang pertama dialami sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Dengan rumusan masalah bagaimana strategi komunikasi bagian perencanaan dan keuangan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maluku Tengah dalam menangani masalah Tunjangan Profesi Guru tahun 2015. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bagian Perencanaan dan Keuangan dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi bagian perencanaan dan keuangan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam menangani masalah tunjangan profesi guru tahun 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskripstif. Untuk menentukan subjek penelitian memilih subjeknya secara khusus berdasarkan ciri dan karakteristik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif (interactive model of analysis) model Miles dan Huberman. Peneliti menggunakan teknik keabsahan data triangulasi. Jenis triangulasi yang digunakan adalah triangulasi dengan sumber. Konsep pembahasan dalam penelitian ini menggunakan teori S-O-R yang dikemukakan oleh Onong, dalam proses komunikasi mengarahkan bagian perencanaan dan Keuangan Kabupaten Maluku Tengah untuk memberikan stimulus yang diharapkan dapat merubah sikap dan tingakah laku komunikan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat dibuat kesimpulan bahwa dalam proses penanganan tunjangan profesi guru tahun 2015 melalui beberapa tahap yaitu mulai dari pemilihan komunikator, pemilihan pesan, pemilihan media. Penggunaan strategi komunikasi dalam masalah tersebut yaitu menggunakan komunikasi informatif, yaitu memberikan penerangan dan informasi terkait masalah tunjangan profesi guru.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Additional Information: 201210040311137
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi, Tunjangan Profesi Guru
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 17 Jul 2018 08:56
Last Modified: 17 Jul 2018 08:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37074

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo