UMM Institutional Repository

Self Disclosure Remaja Dewasa di Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Kepada Anggota Komunitas Malang Pop Punk).

Ach. Asyari, Ach. Asyari (2017) Self Disclosure Remaja Dewasa di Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Kepada Anggota Komunitas Malang Pop Punk). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-achasyari2-50610-1-pendahul-n.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-achasyari2-50610-2-babi.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-achasyari2-50610-3-babii.pdf

Download (993kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-achasyari2-50610-4-babiii.pdf

Download (481kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi saat ini yaitu keberanian mengungkapkan informasi diri atau self disclosure oleh remaja dewasa saat menggunakan media sosial instagram. Kegemaran remaja dewasa dalam menggunakan media sosial instagram sangat besar tak terkecuali remaja dewasa yang saat ini sedang bergabung dalam sebuah komunitas pecinta musik pop punk. Media sosial instagram seakan menjadi tempat melakukan self disclosure yaitu keterbukaan diri atas informasi pribadi dengan menumpahkan cerita segala aktivitas, luapan emosi dalam bentuk tulisan, foto, maupun video. Penelitian ini akan mengkaji aspek-aspek yang berhubungan dengan self disclosure yaitu dimensi, manfaat, fungsi dan faktor-faktor self disclosure. Teori yang mendukung dalam penelitian ini adalah teori self disclosure (Johari Window). Kerangka berpikir peneliti tentang Bagaimana self disclosure remaja dewasa pada anggota komunitas Malang Pop Punk di Instagram Mengacu pada teori self disclosure yaitu teori Johari Window yang menunjukan terdapat 4 jendela kuadran sebagai bentuk self disclosure dari remaja dewasa. 4 jendela kuadran tersebut terdiri dari Kuadran terbuka, Kuadra buta, Kuadran tersembunyi, dan Kuadran tidak tahu yang nantinya kuadran tersebut bisa membesar atau mengecil sesuai masing masing individu remaja dewasa dalam melakukan self disclosure di media sosial instagram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang anggota dari komunitas Malang Pop Punk yang ditemukan melalui teknik kuota sampling yaitu memilih orang tertentu yang sudah ditemui atau sudah di kenal terlebih dahulu akan memberikan data yang diperlukan. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Data di analisis melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dalam penelitian ini dikaitkan pada teori Johari Window self disclosure remaja dewasa tergolong pada kuadran tiga yaitu kuadran tertutup karena remaja dewasa melakukan tindakan mengungkapan diri maupun hal-hal yang bersifat privasi hanya kepada orang-orang tertentu. Self disclosure yang dilakukan oleh remaja dewasa di media sosial instagram ternyata memberikan rasa nyaman atau kelegahan apabila meluapkan mengenai hal-hal yang terjadi atau mencurahkan isi hatinya agar diketahui orang lain. Remaja dewasa lebih memilih memposting hal-hal yang bersifat positif yaitu seperti memberitau hobi, hasil karya, informasi.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201210040311352
Keywords: Self disclosure, Aspek-aspek Self disclosure Media Sosial Instagram, Kualitatif, Deskriptif.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 17 Jul 2018 06:27
Last Modified: 17 Jul 2018 06:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37068

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo