UMM Institutional Repository

PENGARUH TERPAAN PESAN DAKWAH DI INSTAGRAM TERHADAP TINGKAT RELIGIUSITAS Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2013 UMM

Hatama, Mashita Putri (2018) PENGARUH TERPAAN PESAN DAKWAH DI INSTAGRAM TERHADAP TINGKAT RELIGIUSITAS Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2013 UMM. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mashitaput-50789-1-pendahul-n.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mashitaput-50789-2-babi(p-).pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mashitaput-50789-3-babii(-).pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mashitaput-50789-4-babiii-).pdf

Download (551kB) | Preview

Abstract

Media sosial digunakan sebagai inovasi baru dalam berdakwah salah satunya Instagram. Hal ini disebabkan banyaknya pengguna Instagram di Indonesia mencapai 256,6 juta orang dan 49% berusia 18-25 tahun. Akun dakwahpun bermunculan dengan postingan-postingan yang berbau Islami. Walaupun begitu masih banyak perilaku negatif yang masih terjad. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengukur terpaan pesan dakwah di Instagram dengan responden mahasiswa yang bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara pesan dakwah di Instagram terhadap tingkat religiusitas seseorang. Pada penelitian ini teori yang digunakan adalah terpaan media dimana diukur dari indikator frekuensi dan durasi dalam penggunaan akun dakwah di Instagram. Teori lainnya adalah hierarki efek yang menunjukkan perubahan kognitif, afektif, dan behavioral yang pada aspek ini dikaitkan pada teori dimensi religiusitas peribadatan dan pengalaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif korelasional (eksplanatif) dalam bentuk survey. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan total sampling yang berjumlah 76 responden. Untuk pengukuran data dari kuesioner dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dan untuk mengetahui pengaruh terpaan pesan dakwah di Instagram terhadap tingkat religiusitas menggunakan uji regresi sederhana. Dari hasil pengujian hipotesis secara simultan menghasilkan nilai yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 35,182 ≥ Ftabel sebesar 3.970 dengan level of significance (=5%). Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel terpaan pesan dakwah di Instagram terhadap tingkat religiusitas. Sehingga dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima atau dengan kata lain ada pengaruh dari terpaan pesan dakwah di Instagram terhadap tingkat religiusitas.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Additional Information: 201310040311144
Uncontrolled Keywords: Terpaan, Pesan Dakwah, Instagram'¸ Hierarki Efek, Tingkat Religiusitas
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:37
Last Modified: 11 Jul 2018 04:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37048

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo