UMM Institutional Repository

KOMUNIKASI DAKWAH MELALUI KOMIK DI INSTAGRAM (Analisis Isi Konten Dakwah Dalam Akun Instagram "@Komikin_ajah")

Faradita, Dina Tria (2018) KOMUNIKASI DAKWAH MELALUI KOMIK DI INSTAGRAM (Analisis Isi Konten Dakwah Dalam Akun Instagram "@Komikin_ajah"). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dinatriafa-51000-1-pendahul-n.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dinatriafa-51000-2-babi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dinatriafa-51000-3-babii.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dinatriafa-51000-4-babiii.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil analisis yang didasarkan pada keberadaan media sosial yang digunakan sebagai media dakwah. Penggunaan media sosial yang tak lagi hanya untuk berinteraksi namun juga mempengaruhi public, dapat kita lihat pada akun media sosial instagram @komikin_ajah. @komikin_ajah memiliki followers 1,7 juta dan merupakan salah satu akun instagram tanah air yang aktif membahas berbagai macam cerita melalui komik. Pesan yang disampaikan @komikin_ajah melalui gambar dan tulisan memiliki berbagai macam pesan karna sifatnya berupa umum. Dari latar belakang inilah, peneliti tertarik menguji dan menganalisis pesan dakwah dari komik yang bertema dakwah dan seberapa besar frekuensi kemunculan pada setiap kategori. Pendekatan yang digunakan peneliti yaitu pendekatan kuantitatif, tipe penelitian yang dipilih yaitu deskriptif kuantitaif dengan dasar penelitian analisis isi kuantitaif. Ruang lingkup penelitian ini adalah gambar atau tulisan pada komik mulai periode 28 Januari sampai dengan 16 Maret 2017 sejumlah 47 gambar atau tulisan yang memiliki pesan dakwah. Unit analisis penelitian ini yaitu gambar atau tulisan tentang pesan dakwah yang disampaikan lalu dikaitkan dengan kecenderungan pesan dakwah sesuai dengan struktur kategori. Hasil uji reliabilitas dan analisis data menunjukan bahwa kategori pesan dakwah dengan Akhlak memiliki frekuensi kemunculan rata-rata yaitu sebanyak 27 gambar atau 57% kemunculan. Frekuensi kemunculan rata-rata kedua yaitu Aqidah sebanyak 15 gambar atau 31,7% kemunculan. Terakhir, kategori Ibadah yang memiliki nilai frekuensi kemunculan paling rendah yaitu sebanyak 5 postingan atau 10,5% Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa frekuensi pesan dakwah yang sering muncul pada akun instagram @komikin_ajah pada periode 28 Januari sampai dengan 16 Maret 2017 rata-rata pesan yang memiliki pesan dakwah disampaikan melalui komik adalah memiliki pesan akhlak didalam cerita komik tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Additional Information: 201310040311364
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah, komik, Instgram, Media Sosial
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 10 Jul 2018 04:05
Last Modified: 10 Jul 2018 04:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37040

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo