UMM Institutional Repository

AKTIFITAS KOMUNIKASI KELOMPOK SADAR WISATA DALAM PEMBANGUNAN PARIWISATA DAERAH (Studi pada Kelompok Sadar Wisata Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu)

Bakhtiar, Bakhtiar (2018) AKTIFITAS KOMUNIKASI KELOMPOK SADAR WISATA DALAM PEMBANGUNAN PARIWISATA DAERAH (Studi pada Kelompok Sadar Wisata Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bakhtiar20-51204-1-pendahul-n.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bakhtiar20-51204-2-bab1.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bakhtiar20-51204-3-babii.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bakhtiar20-51204-4-babiii.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Kurang berkembangnya desa wisata di kawasan studi dapat terjadi akibat adanya beberapa faktor penghambat. Faktor penghambat utama dalam pengembangan kawasan desa wisata adalah belum maksimalnya pengelolaan yang dilakukan oleh masyarakat lokal. Hal ini ditandai dengan pengelolaan yang masih bersifat sporadis dan masih bergantung pada permintaan di waktu tertentu, minimnya kemampuan masyarakat sebagai tour guide wisata, banyaknya petani agrowisata yang beralih profesi, dan kurangnya koordinasi dengan pemerintah terkait upaya pengembangan dan pembangunan kawasan. Maka yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Aktifitas komunikasi kelompok sadar wisata dalam pembangunan pariwisata daerah di desa wisata Tulungrejo. Pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi efektif, dimana komunikator melakukan perannya, sehingga terjadi proses komunikasi yang baik dan sesuai dengan harapan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan tipe penelitian deskripitif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktifitas komunikasi kelompok sadar wisata dalam pembangunan pariwisata daerah di Desa Wisata Tulungrejo yaitu dengan memanfaatkan Kelompok Sadar Wisata Tulungrejo sebagai lembaga yang mempunyai peran strategis dalam mengembangkan potensi pariwisata, yaitu dengan memperkenalkan, melestarikan, dan memanfaatkan potensi pariwisata di Desa Wisata Tulungrejo dengan memberikan edukasi dan penjelasan antar personal. Selain itu juga mempromosikan desa wisata ini dengan cara menggandeng biro-biro perjalanan, instagram, facebook, dan untuk media cetak serta hotel-hotel yang berada di kota Malang. Juga menerapkan sapta pesona kepada wisatawan dengan memberikan rasa aman, indah, bersih sekaligus menjual hospitaliti-nya. Relasi pengelola dengan pihak lain dalam mengembangkan Desa Wisata Tulungrejo yaitu dengan koordinasi dalam menjalankan kegiatan sadar wisata ini yang didukung oleh pemerintah.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Additional Information: 201210040311142
Uncontrolled Keywords: Aktifitas Komunikasi Kelompok, Kelompok Sadar Wisata
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 10 Jul 2018 02:41
Last Modified: 10 Jul 2018 02:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37034

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo