UMM Institutional Repository

MAKNA KOMUNIKASI BRIDAL SHOWER DI KOTA MALANG (Studi Pada Pengguna Jasa Bridal Shower @Primavera_Event)

Jayanti, Febrina Dwi (2018) MAKNA KOMUNIKASI BRIDAL SHOWER DI KOTA MALANG (Studi Pada Pengguna Jasa Bridal Shower @Primavera_Event). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-febrinadwi-51208-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-febrinadwi-51208-2-babi.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-febrinadwi-51208-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-febrinadwi-51208-4-babiii.pdf

Download (626kB) | Preview

Abstract

Salah satu fenomena yang populer di Indonesia adalah bridal shower. di Kota Malang sendiri, perayaan bridal shower juga menjadi suatu perayaan yang sedang tren dikalangan masyarakat. Perayaan ini biasanya dilakukan sebelum digelarnya pernikahan dan biasanya juga untuk calon pengantin wanita. Pemahaman mengenai bridal shower mempunyai persepsi - persepsi tersendiri terhadap perayaan bridal shower yang pernah dilakukan setiap orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna komunikasi bridal shower sebagai interaksi simbolik bagi kalangan pengguna jasa bridal shower di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, sedangkan tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan penelitian pada pemaknaan komunikasi bridal shower yang ada di Kota Malang dalam hal ini yang menjadi subjek penelitian adalah pengguna jasa bridal shower Primavera Event Setelah peneliti mencermati, mengumpulkan bahan, wawancara dan menganalisanya, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa makna komunikasi bridal shower di Kota Malang menurut pengguna jasa bridal shower di Primavera memaknai bridal shower sebagai momen kumpul-kumpul, bukan ajang pemberian hadiah seperti seharusnya, bridal shower bermula dari sebuah tradisi di negara-negara Barat pada tahun 1890-an yang dianggap sebagai pengganti mas kawin yang mana orang-orang terdekat menyumbangkan harta benda mereka pada keluarga mempelai wanita untuk modal menggelar pernikahan. Perayaan bridal shower di Indonesia hanyalah semacam ajang kumpul - kumpul sahabat dekat untuk mengerjai calon mempelai wanita tanpa memberi hadiah seperti seharusnya dan sebagai ajang ikut - ikutan.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201310040311342
Keywords: Makna Komunikasi, Bridal Shower
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 09 Jul 2018 07:00
Last Modified: 09 Jul 2018 07:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37030

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo