UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN SITUS JEJARING SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PERSONAL BRANDING (Studi Pada Kakang Mbakyu Kota Malang 2016)

Hadi, Nikken Yulia Puspita (2018) PENGGUNAAN SITUS JEJARING SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PERSONAL BRANDING (Studi Pada Kakang Mbakyu Kota Malang 2016). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nikkenyuli-51209-1-pendahul-n.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nikkenyuli-51209-2-babi.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nikkenyuli-51209-3-babii.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nikkenyuli-51209-4-babiii.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya fenomena bahwa seseorang dapat mencapai sesuatu dengan menampilkan keahlian dan kemampuan yang dimiliki melalui situs jejaring sosial instagram. Dalam penggunaan instagram yang memiliki ciri khas untuk berbagi foto ini, tidak hanya digunakan untuk menunjukkan foto diri, namun juga sebagai media untuk pengungkapan informasi personal seperti keahlian, kemampuan, dan keunikan yang dimiliki. Berdasarkan latar tersebut, maka dibuat rumusan masalah penelitian yaitu, “Bagaimana pengunaan situs jejaring sosial Instagram sebagai media Personal Branding pada Kakang Mbakyu Kota Malang 2016?” tujuan penelitian ini yaitu mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana penggunaan instagram sebagai media personal branding. Konsep teori yang dianggap relevan dalam penelitian ini yaitu teori yang berkaitan dengan Personal Branding. Teori ini yaitu Eight Laws of Personal Banding yang berisi tentang delapan hukum dasar personal branding diantaranya laws of specilisation, laws of leadership, laws of personality, laws of distinctiveness, laws of visibility, laws of unity, laws of persistence, dan laws of goodwill secara spesifik mengenai personal branding oleh Peter Montoya. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengambilan sampel melalui proposive sampling dengan beberapa kriteria yang sudah ditentukan. Didapatkan empat subjek penelitian yang memberikan data melalui wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Subjek dalam penelitian ini adalah kakang mbakyu kota Malang 2016. Hasil penelitian dalam menggunakan instagram sebagai media personal branding yaitu dengan memposting foto pilihan seperti kegiatan yang sering dilakukan dan berbagai prestasi yang sudah diperoleh yang dianggap penting dari berbagai foto yang ada, kemudian dilakukan edit sesuai dengan standar edit yang mereka tentukan, lalu memberi caption yang sesuai dengan foto tersebut. Hal ini terkait dengan personal brand yang akan dibangun oleh para subjek sebagai kakang mbakyu yang harus menampilkan citra positif. Personal brand yang terbentuk dari para subjek dalam penggunaan instagram yaitu sebagai traveler, model dan pembawa acara.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201310040311250
Keywords: Sosial Media, Personal Branding
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 09 Jul 2018 06:56
Last Modified: 09 Jul 2018 06:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37029

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo