UMM Institutional Repository

TEKNIK KOMUNIKASI POLITIK RIDWAN KAMIL TERKAIT PEMBATALAN PENCALONAN GUBERNUR DKI JAKARTA. (ANALISIS ISI PADA AKUN RIDWAN KAMIL DI FACEBOOK)

Perwironegoro, Rogo (2018) TEKNIK KOMUNIKASI POLITIK RIDWAN KAMIL TERKAIT PEMBATALAN PENCALONAN GUBERNUR DKI JAKARTA. (ANALISIS ISI PADA AKUN RIDWAN KAMIL DI FACEBOOK). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rogoperwir-51214-1-pendahul-n.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rogoperwir-51214-2-babi.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rogoperwir-51214-3-babii.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rogoperwir-51214-4-babiii.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

Dengan eksistensinya di dunia maya terutama Facebook dimanfaatkan oleh Ridwan Kamil untuk mengklarifikasi berbagai isu yang berkembang terkait pencalonannya menjadi Gubernur DKI Jakarta 2017 dan memberikan penjelasan terkait masa depannya di PILKADA DKI Jakarta hal itu membuat terdapatnya unsur muatan komunikasi politik dalam postingan Ridwan Kamil terkait pencalonannya menjadi Gubernur DKI Jakarta 2017. Hal ini melatar belakangi peneliti untuk meneliti teknik komunikasi politik yang digunakan oleh Ridwan Kamil tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisa teknik komunikasi politik Ridwan Kamil terkait pembatalan pencalonan Gubernur DKI dalam akun Facebook Ridwan Kamil. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif deskriptif dengan menggunakan 4 kategorisasi komunikasi politik, yaitu: Informatif, Persuasif, Edukatif, Kursif. Unit analisis penelitian ini adalah teks. Peneliti mengambil unit analisis teks berupa postingan dari akun Facebook Ridwan Kamil. Adapun satuan ukurnya yaitu per paragraf dalam postingan dari akun Facebook Ridwan Kamil periode 27 Februari 2016 sampai 29 Februari 2016. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif terhadap postingan tersebut, untuk mengujinya maka dilakukan penghitungan dibantu oleh dua orang koder dan dihitung dengan menggunakan rumus Holsty dan di uji keterhandalannya (validitas) dengan menggunakan rumus Scott (Pi). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti menarik kesimpulan bahwa Komunikasi Politik Ridwan Kamil Terkait Pembatalan Pencalonan Gubernur DKI Dalam Akun Facebook Ridwan Kamil di dominasi kategori informatif pada urutan pertama lalu diikuti kategori persuasif pada urutan kedua lalu diikuti kategori edukatif pada urutan ketiga. Sedangkan untuk kategori kursif tidak ditemukan kemunculan sama sekali. Maka mengacu dari hasil penelitian ini dapat dikatakan postingan Ridwan Kamil yang terkait pembatalan pencalonan Gubernur DKI Jakarta lebih pada upaya tindakan memberikan penerangan. Menyampaikan pesan yang sesuai dengan fakta, data, dan pendapat yang benar. Penerangan mempunyai fungsi memberikan informasi tentang fakta semata-mata, juga fakta yang bersifat kontroversial atau memberikan keputusan atau menuntun khalayak ke arah pendapat umum dan menjelaskan dukungan berbagai pihak kepada Ridwan Kamil ditengah-tengah terpaan isu-isu yang berkembang jelang Pilkada DKI Jakarta 2017.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Additional Information: 201210040311360
Uncontrolled Keywords: Teknik Komunikasi Politik, Ridwan Kamil, Analisis Isi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 09 Jul 2018 06:33
Last Modified: 09 Jul 2018 06:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37024

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo