UMM Institutional Repository

POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK TUNARUNGU (Studi Kasus pada Orang Tua Anggota Komunitas Akar Tuli Malang)

Atika, Nada (2017) POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK TUNARUNGU (Studi Kasus pada Orang Tua Anggota Komunitas Akar Tuli Malang). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nadaatika2-51219-1-pendahul-n.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nadaatika2-51219-2-babi.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nadaatika2-51219-3-babii.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nadaatika2-51219-4-babiii.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Komunikasi pada dasarnya merupakan sebuah proses penyampaian pesan yang dilakukan komunikator dengan tujuan tertentu. Salah satu bentuknya adalah komunikasi interpersonal, yakni komunikasi yang dilakukan oleh dua atau sekelompok kecil orang yang menghendaki keberadaan komunikan beserta pesan balik yang bersifat langsung. Komunikasi interpersonal adalah bentuk komunikasi yang umum digunakan dalam sebuah keluarga, dengan berbagai pola yang diterapkan dan menggunakan banyak indikator untuk mengetahui tingkat efektifitasnya. Kesalahan dalam menginterpretasi pesan yang disampaikan menjadi salah satu hambatan untuk membangun pola komunikasi yang efektif, seperti yang terjadi pada keluarga dengan anggota tunarungu, yaitu individu dengan masalah pendengaran, sehingga berdampak pada kemampuan berbahasa sebagai bentuk realitas berkomunikasi. Hambatan tersebut mendasari latar belakang dilakukannya penelitian tentang Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak Tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak Tunarungu dalam konteks keluarga sehari-hari. Penelitian akan mendeskripsikan secara kualitatif dengan metode studi kasus pada keluarga individu tunarungu. Adapun penentuan informan dilakukan secara purposive sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti, dengan subjek empat keluarga yang terdiri dari empat pasang orang tua serta empat orang anak, dan tergabung dalam Komunitas Akar Tuli (Aksi Arek Tuli) kota Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada masing-masing informan, dengan data pendukung yang berasal dari observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisa menggunakan beberapa teknik, yaitu reduksi data (pemilihan data, pemfokusan data, penyederhanaan data); penyajian data; dan penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini, kategori indikator komunikasi keluarga yang dianalisa adalah: Aktifitas komunikasi; Keterbukaan komunikasi; Hambatan komunikasi; Arus pesan komunikasi; Pesan komunikasi; dan Konteks komunikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi pada keluarga dengan anak tunarungu pada dasarnya masih menggunakan bentuk verbal dan non verbal. Tetapi dalam prosesnya, komunikasi orang tua dan anak tunarungu memiliki pola yang berbeda setiap individunya, penelitian ini menggambarkan adanya pola komunikasi keluarga yaitu pola persamaan, pola keseimbangan, pola ketidakseimbangan.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Additional Information: 201210040311407
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Orang Tua, Anak Tunarungu
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 09 Jul 2018 04:32
Last Modified: 18 Feb 2019 04:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37020

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo