UMM Institutional Repository

PENGARUH TERPAAN IKLAN TOKOPEDIA VERSI "DIMULAI DARI TOKOPEDIA" TERHADAP MINAT MEMASARKAN PRODUK SECARA ONLINE Studi Pada Anggota Kelompok UMKM Perempuan Mandiri Sumber Perubahan Kota Malang

Adhani, Meilliza Djunaedi (2017) PENGARUH TERPAAN IKLAN TOKOPEDIA VERSI "DIMULAI DARI TOKOPEDIA" TERHADAP MINAT MEMASARKAN PRODUK SECARA ONLINE Studi Pada Anggota Kelompok UMKM Perempuan Mandiri Sumber Perubahan Kota Malang. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-meillizadj-51228-1-pendahul-n.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-meillizadj-51228-2-babi.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-meillizadj-51228-3-babii.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-meillizadj-51228-4-babiii.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Iklan menjadi sebuah media untuk promosi dan menjadi sebuah pemanfaatan kemajuan elektronik pada sebuah kegiatan pemasaran suatu produk maupun sebuah perusahaan. Tokopedia memanfaatkan iklan di berbagai media massa untuk mempromosikan perusahaan maupun produknya kepada khalayak dengan tema-tema iklan yang selalu diperbarui yang hingga sampai saat ini tema iklan terbaru dari Tokopedia adalah versi "Dimulai dari Tokopedia". Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui adakah pengaruh dan seberapa besar pengaruh terpaan iklan Tokopedia versi "Dimulai dari Tokopedia" terhadap minat memasarkan produk secara online, yang dimana saat ini bisnis online sedang marak di kalangan masyarakat Indonesia. Untuk meneliti sebuah efek, maka teori yang digunakan pada penelitian ini adalah AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, Action). Dan untuk variabel terpaan iklan atau variabel X diukur oleh 3 indikator yaitu frekuensi, durasi dan intensitas. Sedangkan variabel minat memasarkan produk secara online atau variabel Y memiliki 4 indikator yaitu minat transaksional, minat refrensial, minat preferensial dan minat eksploratif. Jenis penelitian ini adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survey. Populasi pada penelitian ini adalah anggota kelompok UMKM Perempuan Mandiri Sumber Perubahan Kota Malang yang memiliki kriteria yaitu pernah diterpa oleh iklan Tokopedia versi "Dimulai dari Tokopedia" di salah satu media massa. Sehingga setelah penjaringan populasi, peneliti dapat menentukan jumlah populasi yaitu sebanyak 64 orang. Karena populasi kurang dari 100 maka penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Lalu untuk pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden secara langsung. Pada hasil penelitian ini menggunakan analisis korelasi Pearson's Product Moment menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara terpaan iklan Tokopedia versi "Dimulai dari Tokopedia" dengan minat memasarkan produk secara online pada anggota kelompok UMKM Perempuan Mandiri Sumber Perubahan Kota Malang, sehingga hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Selanjutnya hasil perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar 0,563 atau sama dengan 56,3% sehingga dapat dijelaskan bahwa sebesar 56,3% pembentukan minat memasarkan produk secara online yang terjadi dapat dipengaruhi oleh terpaan iklan Tokopedia, sedangkan sisanya sebesar 43,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Additional Information: 201310040311400
Uncontrolled Keywords: Terpaan Iklan, Minat Memasarkan Produk Secara Online.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 07 Jul 2018 02:14
Last Modified: 18 Feb 2019 04:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37009

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo