UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI PROGRAM SOCIAL MARKETING PADA MASYARAKAT KAMPUNG WARNA-WARNI JODIPAN (Studi pada GuysPro Penggagas Kampung Warna-Warni Jodipan)

Aidah, Elmi Rukhiatun Nur (2017) IMPLEMENTASI PROGRAM SOCIAL MARKETING PADA MASYARAKAT KAMPUNG WARNA-WARNI JODIPAN (Studi pada GuysPro Penggagas Kampung Warna-Warni Jodipan). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-elmirukhia-51230-1-pendahul-n.pdf

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-elmirukhia-51230-2-babi.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text
jiptummpp-gdl-elmirukhia-51230-3-babii.pdf

Download (114kB)
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-elmirukhia-51230-4-babiii.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

Kampung Warna-Warni Jodipan merupakan program gagasan dari sekelompok mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang bernama GuysPro (Guys of Public Relations) bekerjasama dengan PT. INDANA. GuysPro membuat program kampung warna-warni dan di tentukan kampung Jodipan sebagai sasaran program karena merupakan kampung kumuh di Malang. GuysPro membuat program social marketing untuk merubah perilaku masyarkat Jodipan yang sering membuang sampah ke sungai dengan merubah lingkungannya. Penelitian ini menggunakan teori Difusi Inovasi. Tipe penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif serta menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan pertama dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan terakhir dengan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan 7 subjek dari GuysPro dan 2 Informan dari masyarakat kampung Jodipan. Penentuan subjek penelitian dan informan menggunakan teknik purposive sampling. Program Kampung Warna-warni termasuk dalam social marketing karena memiliki unsur 6P yaitu, Product, Place, Price, Promotion, Partnership dan Policy. GuysPro membuat program dengan menawarkan perubahan terhadap lingkungan kampung Jodipan dengan tujuan agar masyarakat tidak membuang sampah ke sungai. GuysPro melakukan serangkaian program untuk merealisasikan kampung warna-warni. Setelah Jodipan booming, pemerintah turut serta dalam implementasi program kampung warna-warni, namun belum ada kebijakan khusus dari pemerintah untuk mendukung program agar berkelanjutan. Masyarakat Jodipan mulai membentuk tim pengembangan kampung, salah satunya tim kebersihan, masyarakat Jodipan mulai rutin melakukan kegiatan kerja bakti. Masyarakat Jodipan juga mulai terangkat dari segi perekonomian karena kampung warna-warni menjadi kampung wisata di Kota Malang.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201310040311470
Keywords: Program Social Marketing, Masyarakat, Kampung Warna-Warni
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 06 Jul 2018 06:10
Last Modified: 18 Feb 2019 04:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/37006

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo