UMM Institutional Repository

Kecenderungan Tema Advertorial Pada Surat Kabar Lokal Dalam Edisi Khusus Ulang Tahun Kota Malang (Analisis Isi Pada Judul Advertorial Radar Malang 1 April 2016)

Rahayu, Fany Puspita (2018) Kecenderungan Tema Advertorial Pada Surat Kabar Lokal Dalam Edisi Khusus Ulang Tahun Kota Malang (Analisis Isi Pada Judul Advertorial Radar Malang 1 April 2016). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fanypuspit-51768-8-pendahul-n.pdf

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fanypuspit-51768-1-babi--n.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fanypuspit-51768-2-babii--a.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fanypuspit-51768-3-babiii-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Radar Malang sebagai market leader koran harian yang ada di Kota Malang, mengeluarkan edisi khusus April lalu bertepatan dengan momen ulang tahun Kota Malang yang ke-102. Redaksi menerbitkan edisi khusus dengan jumlah 102 halaman. Artikel-artikel yang ada dalam edisi ini sangat bervariasi mulai dari adanya artikel tentang kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah, inovasi dan program yang dimiliki oleh pihak swasta sampai adanya artikel tentang dunia pendidikan yang ada di Malang. Namun artikel dalam edisi ini bukanlah artikel berita melainkan advertorial yang diberi nama khusus yakni newstorial. Keberadaan advertorial mempunyai pengaruh yang besar baik bagi media itu sendiri maupun bagi khalayaknya. Peneliti memutuskan untuk meneliti tema advertorial apa yang dominan dalam Radar Malang melalui judul-judul yang dimuat. Keberimbangan pengangkatan advertorial yang ada pada pada media cetak penting baik dalam edisi reguler maupun edisi khusus karena akan menunjukkan kecondongan redaksi dalam pengaruh isi medianya. Pada dasarnya sebuah perusahaan media mempunyai sumber penghasilan utama dari iklan. Peneliti mencoba untuk meneliti tentang hal tersebut diatas mengenai kecenderungan dari Radar Malang tentang pengangkatan advertorial dalam edisi khusus ini dengan teknik analisis isi. Analisis isi dilakukan untuk mengidentifikasi banyaknya advertorial yang dimuat. Analisis isi dapat mempelajari gambaran isi, karakteristik pesan, dan perkembangan (tren) dari suatu isi. Ada 12 kategori yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu: bisnis, CSR (corporate social responsibility), corporate image advertorial, politik dan pemerintahan, hotel, property, beauty fashion, kecantikan, pendidikan, tour travel, food service dan komunikasi bisnis. Penelitian ini menggunakan analisis isi kuantitatif deskriptif dengan unit analisis 73 judul advertorial yang ada dalam edisi khusus Radar Malang edisi 1 April 2016. Satuan ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah frekuensi kemunculan tema dari setiap judul advertorial yang kemudian dimasukkan ke dalam kategori yang dipilih oleh peneliti. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan proses pengkodingan yang dibantu oleh dua orang koder. Setelah data sudah selesai dimasukkan dalam tabel distribusi, dilakukanlah penghitungan data dan dilakukan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Hostly dan dilakukan uji validitas dengan rumus Scott Pi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan secara menyeluruh pada judul-judul advertorial yang ada dalam edisi khusus Radar Malang ini, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tema advertorial yang paling dominan adalah tema pendidikan dengan 19 judul advertorial dan memiliki prosentase 26% dari 73 judul advertorial yang dipilih oleh peneliti. Tema advertorial yang paling sedikit adalah tema beauty fashion dan komunikasi bisnis dengan adanya masing-masing 1 judul berita dengan prosentase masing-masing 1,3% dari keseluruhan 73 judul berita yang ada. Dominasi tema advertorial pendidikan dalam edisi ini membahas layanan, inovasi dan program yang dimiliki oleh penyelenggara pendidikan dan mempunyai andil serta kontribusi bagi masyarakat. Redaksi menyampaikan kepentingan pengiklan dan menjembatani kepentingan antara pengiklan dengan masyarakat. Sesuai dengan tema yang diangkat Radar Malang yakni "Malang to Creative City and Smart City" pesan yang disampaikan dalam edisi ini dapat terlihat dari banyaknya advertorial yang dimuat.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Keywords: Advertorial, Surat Kabar Lokal, Analisis Isi.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 05 Jul 2018 06:50
Last Modified: 05 Jul 2018 06:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/36998

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo